Follow Us

Ini Dia Peneliti Indonesia Pertama yang Nyabet Penghargaan SWSA

Agung Mustika - Jumat, 10 Agustus 2018 | 13:30
Fariz Darari
Universitas Indonesia

Fariz Darari

HAI-Online.com - Indonesia emang nggak abisnya munculin orang-orang keren. Setuju nggak? Kudu setuju sob! Hehehe..

Soalnya ada kabar baik, nih, dari pendidikan Indonesia. Dosen Fakultas Ilmu Komputer UI, Fariz Darari, Ph.D jadi peneliti Indonesia pertama yang berhasil nyabet penghargaan SWSA Distinguised Dissertation Award.

FYI, SWSA itu kepanjangan dari Semantic Web Science Association. SWSA sendiri adalah lembaga tingkat internasional buat ngasih apresiasi penelitian di bidang Semantic Web.

CEK JUGA NIH: Mau Coba Lamar Magang? Pahami Dulu Panduan Berkirim Email yang Benar

Dilansir dari siaran pers yang HAI terima, SWSA sendiri merupakan penyelenggara ISWC (International Semantic Web Conference) yaitu konferensi level A di bidang Semantic web.

Semantic web sendiri adalah ilmu yang cukup baru, lho. Semantic web itu pada dasarnya ngomongin soal mengorganisasikan web dengan lebih baik dan lebih gampang diproses mesin.

Dosen kelahiran Malang 5 Juli 1988 ini emang terkenal gigih dan konsisten bikin publikasi (baik main paper, workshop, demo atau poster) di konferensi internasional ISWC.

Fariz Darari nyusun disertasi (dua tingkat di atas skripsi) yang berjudul "Managing and Consuming Completness Information for RDF Data Sources".

Penelitian Fariz dianggap sebagai penelitian yang berhasil menggabungkan teori, implementasi dan evaluasi dengan sangat solid.

Yang bikin bangga, nih, penelitiannya diperkirakan bakal jadi titik awal banyak temuan di bidang Semantic Web.

Hmmmm, prestasi dosen UI ini bener-bener sejalan, lho, sama kemampuan teknologi informasi di Indonesia yang lagi dilirik dunia internasional, sob!

Semoga prestasi ngebawa angin segar buat kemajuan teknologi informasi di Indonesia. Amin saudara-saUdara?

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest