Follow Us

Mau Coba Lamar Magang? Pahami Dulu Panduan Berkirim Email yang Benar

Dewi Rachmanita - Kamis, 09 Agustus 2018 | 13:00
Panduan kirim email yang benar
instagram lingkaran

Panduan kirim email yang benar

HAI-Online.com - Email pastinya nggak asing lagi buat lo untuk berkirim surat, tugas, atau lainnya ke banyak orang, termasuk permohonan magang. Eits, tapi sering menggunakan email bukan berarti etika berkirim surat selama ini udah benar loh. Jangan-jangan banyak kekeliruan lagi yang malah bisa mengagalkan rencana lo.

Nah, ada baiknya nih pahami dulu etika berkirim email yang benar. Masa iya kirim email aja masih terkesan kurang sopan?

BACA JUGA NIH: Kejar Yuk, Beasiswa Kekinian Dunia Digital dari Kemnaker & Lingkaran!

HAI dapat insight nih dari lingkaran soal panduan berkirim email yang benar. Semoga bisa membantu lo jadi lebih baik dalam berkirim pesan lewat email.

Sebelumnya pastikan lo pakai alamat email yang sesuai dengan nama lo. Ingat ya lo udah dewasa nih, alamat email pun jadi representasi diri lo. Buang jauh-jauh deh alamat email kayak "themysteryboy@xxx.com" dan sejenisnya. Jangan alay ya bro!

1. Perhatikan subjek email

Panduan kirim email yang benar
Instagram lingkaran

Panduan kirim email yang benar

Coba lebih hati-hati dalam menulis subjek email. Pastikan isinya memang akurat menggambarkan isi email lo. Selain itu memberi arasan jelas untuk penerima email baca isinya. Jangan sampai subjek dikosongin atau nggak jelas ya, bisa-bisa orang ogah baca email lo atau malah langsung dianggap sebagai spam.

2. Pembuka

Panduan kirim email yang benar
instagram lingkaran

Panduan kirim email yang benar

Sapa penerima email lo dengan ucapan yang tepat dan sopan. Bisa "halo", "selamat pagi", dan sejenisnya yang disesuaikan dengan penerima pesan. Lalu, coba tulis juga secara singkat pembuka lain, seperti perkenalkan diri lo, latar belakang, dan dari mana dapat informasi soal lowongan magang itu atau siapa yang merekomendasikan lo untuk melamar magang.

3. Tubuh email

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest