Follow Us

Walau Fresh Graduate, Gaji Seorang Data Scientist dan Data Engineer Bisa Belasan Juta!

Dewi Rachmanita - Rabu, 08 Agustus 2018 | 15:55
Ilustrasi profesi data scientist
iStockphoto

Ilustrasi profesi data scientist

HAI-Online.com - Buat lo yang masih galau mau kerja apa nanti di masa depan? HAI punya referensi nih buat lo sesuai dengan prediksi dari Harvard Business pada 2012 lalu. Profesi data scientist lah yang punya gaji tinggi nantinya.

Berdasar artikel Data Scientist: The Sexiest Job of the 21st Century, profesi data scientist punya peluang besar di masa depan. Benar aja nih sob, prediksi dari Harvard Business itu terbukti oleh penelitian dari McKinsey Global Institute dan McKinsey's Business Technology Office emang menyatakan kalau data scientist di Amerika Serikat baru 190.000 orang. Wah gimana di Indonesia ya?

Padahal, kebutuhan industri terhadap profesi ini tuh tinggi banget loh. Makanya nggak heran banyak perusahaan berani kasih gaji tinggi buat profesi data scientist. Dilansir dari Kompas.com, Feris Thia, Content Principle dari Progam DQLab.id sekaligus founder PHI-Integration juga bilang kalau seenggaknya ada dua profesi bidang data yang bakal paling dicari dalam 5 tahun ke depan.

1. Data Engineer

Feris bilang kalau di zaman yang serba digital semua aktivitas kita tercatat di berbagai aplikasi. Jumlah data dari berbagai aktivitas itu punya banyak banget, bahkan miliaran. Data itu pun berpotensi untuk menghasilkan insight bagi perusahaan dan bisnis berbagai skala. Sayangnya emang data-data itu masih sering bersifat mentah dan belum tervalidasi. Ya akhirnya perlu diolah oleh data engineer.

Jadi data engineer bertugas mengambil, mengumpulkan, mengolah data kotor, sampai menghasilkan data yang berkualitas buat dianalisa data scientist. Proses ini juga bisa disebut dengan data preparation/data wrangling dan data cleansing.

BACA JUGA: Seluk-Beluk Data Scientist: Profesi “Seksi” Di Era Digital

2. Data Scientist

Setelah proses yang dilakukan data engineer, data scientist yang bakal berperan selanjutnya. Profesi ini lah yang mengendalikan teknologi pengolahan data bro untuk dianalisis sampai dapat menghasilkan insight atau rekomendasi bermanfaat untuk bisnis.

Seenggaknya seorang data scientist mesti punya tiga kompetensi di bidang tertentu yang fundamental, yaitu statistika, bahasa pemrograman, dan konteks bisnis variatif. Jadi nantinya bakal mengandalkan kemampuan menganalisa data bro, kayak melakukan data preparation sederhana (menggabungkan sumber data, memastikan konsistensi dataset), data exploration (memilih faktor atau alogaritma berpengaruh terhadap hasil prediksi berdasarkan informasi yang didapat), dan data visualisation (membuat infografis/visualisasi membantu pengambilan keputusan dalam memahami data).

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest