HAI-Online.com - Emailpastinya nggak asing lagi buat lo untuk berkirim surat, tugas, atau lainnya ke banyak orang, termasuk permohonan magang. Eits, tapi sering menggunakanemailbukan berarti etika berkirim surat selama ini udah benar loh. Jangan-jangan banyak kekeliruan lagi yang malah bisa mengagalkan rencana lo.
Nah, ada baiknya nih pahami dulu etika berkirimemailyang benar. Masa iya kirimemailaja masih terkesan kurang sopan?
BACA JUGA NIH:Kejar Yuk, Beasiswa Kekinian Dunia Digital dari Kemnaker & Lingkaran!
HAIdapatinsight nihdari lingkaran soal panduan berkirimemailyang benar. Semoga bisa membantu lo jadi lebih baik dalam berkirim pesan lewatemail.
Sebelumnya pastikan lo pakai alamatemailyang sesuai dengan nama lo. Ingat ya lo udah dewasa nih,alamatemailpun jadi representasi diri lo. Buang jauh-jauh deh alamatemailkayak "themysteryboy@xxx.com" dan sejenisnya. Jangan alay ya bro!
1. Perhatikan subjekemail
Coba lebih hati-hati dalam menulissubjekemail.Pastikan isinya memang akurat menggambarkan isiemaillo. Selain itu memberi arasan jelas untuk penerimaemailbaca isinya. Jangan sampai subjek dikosongin atau nggak jelas ya, bisa-bisa orang ogah bacaemaillo atau malah langsung dianggap sebagaispam.
2. Pembuka
Sapa penerimaemaillo dengan ucapan yang tepat dan sopan. Bisa "halo", "selamat pagi", dan sejenisnya yang disesuaikan dengan penerima pesan. Lalu, coba tulis juga secara singkat pembuka lain, seperti perkenalkan diri lo, latar belakang, dan dari mana dapat informasi soal lowongan magang itu atau siapa yang merekomendasikan lo untuk melamar magang.
3. Tubuhemail