Follow Us

Kisah Pesan dari Samudra, Film tentang Antisipasi Bencana di Indonesia

Ricky Nugraha - Senin, 06 Agustus 2018 | 19:15
Kisah Pesan dari Samudra, Film tentang Antisipasi Bencana di Indonesia
http://cintamerahputih.blogspot.com

HAI-Online.com - Indonesia diliputi kabar duka setelah bencana gempa bumi yang belum lama ini dirasakan oleh saudara-saudara kita di Lombok dan sekitarnya.

Nggak tanggung-tanggung, dengan kekuatan 7,0 SR, gempa yang berpotensi tsunami tersebut membuat bangunan rumah, gedung sekolah dan beberapa fasilitas umum jadi hancur berantakan, bahkan hingga menelan korban jiwa.

Indonesia sendiri merupakan negara yang rawan bencana, khususnya gempa bumi, yang bahkan berpotensi tsunami. Namun sampai saat ini, belum banyak masyarakat yang siap menghadapi bencana.

Fakta ini mendorong berbagai organisasi kemanusiaan untuk selalu memberi pembelajaran kepada masyarakat, tentang cara-cara menyelamatkan diri dan keluarga mereka saat terjadi bencana.

Salah satu cara penyampaian pesan adalah melalui media televisi, karena jangkauannya yang luas. Agar pesan ini mudah diterima masyarakat, Palang Merah Indonesia didukung oleh Australian Red Cross (ARC) memproduksi sebuah film tentang kebencanaan.

BACA JUGA NIH: Begini Cara Paling Tepat Melindungi Diri Saat Berada di Gedung Ketika Gempa Menurut Basarnas

Pada tahun 2013 lalu, dibuatlah fllm televisi berjudul "Pesan dari Samudera" yang didanai oleh Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction(AIFDR), dan digarap oleh rumah produksi Miles Films dengan sutradara Riri Riza.

Film yang dibintangi oleh Lukman Sardi (sebagai Sakti), Putri Ayudya (Nara), dan Bintang Panglima (Samudra) ini bercerita tentang pertemuan keluarga yang terpisah antara Kota Jakarta dan Kabupaten Sikka di NTT.

Mereka terpisah akibat bencana gempa dan tsunami yang melanda wilayah tersebut.

"Film adalah media yang tepat bagi masyarakat untuk mencerna informasi karena sifatnya yang menghibur sekaligus memberikan pesan," kata Mira Lesmana.

Ia menambahkan, banyak sekali masyarakat Indonesia yang hidup di daerah rawan bencana, tapi nggak tahu bagaimana hidup dengan bencana.

Film ini pun dapat kalian tonton melalui kanal resmi Palang Merah Indonesia di Youtube.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Pesan dari Samudra" Film tentang Kebencanaan", https://nasional.kompas.com/read/2012/09/28/20343419/.Pesan.dari.Samudra.Film.tentang.Kebencanaan. Penulis : Lusiana Indriasari

Source : Kompas.com

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest