Follow Us

Keren Abis! Mahasiswa ITB ini Raih Emas di Kompetisi Matematika Internasional

HAI Internship - Senin, 30 Juli 2018 | 16:41
Bimo Adityarahman Wiraputra, mahasiswa ITB peraih medali emas kompetisi matematika internasional
ITB

Bimo Adityarahman Wiraputra, mahasiswa ITB peraih medali emas kompetisi matematika internasional

HAI-Online.com - Bimo Adityarahman Wiraputra berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, sob. Mahasiswa program studi (prodi) Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB) ini meraih medali emas dalam ajang International Mathematic Competition (IMC) 2018 yang diselenggarakan di Bulgaria.

Selain Bimo, ada 3 mahasiswa lain dari ITB yang juga ikut kompetisi ini. Mereka adalah Hopein Cristofen Tang yang meraih Third Prize, Laurence Petrus Wijaya, dan Mochammad Zulfikar Aditya yang sama-sama meraih Honorable Mention.

Dalam kompetisi yang digelar di Kota Blagoevard pada 22-28 Juli kemarin, keempat mahasiswa ini bersaing dengan 351 peserta lain dari berbagai negara, termasuk 9 delegasi lain dari Indonesia.

Bimo yang suka banget sama analisis riil dan kombinatorika dalam matematika mengaku kalau dirinya akan lebih fokus untuk belajar soal informatika, sob. Sesuai sama program studinya sekarang.

Selama persiapan untuk berkompetisi di ajang ini, Bimo dan kawan-kawan mengaku kalau nggak ada persiapan khusus yang dilakukan. Menurut Dosen Muda Kelompok Keahlian Aljabar, Prodi Matematika FMIPA-ITB, Afif Humam, M.Si mengatakan, Bimo dan kawan-kawan baru saja berlaga di Olimpiade Nasional MIPA yang berlangsung beberapa bulan lalu. Dan saat itu mereka sudah diberikan bimbingan yang maksimal.

"Secara pelatihan sebagai pembina di sini tidak begitu banyak memberi materi. Karena sudah ada materi kuliah sendiri, kami hanya membantu memberikan latihan untuk mereka kerjakan sendiri, jadi lebih dominan ini hasil belajar mereka sendiri," jelas Afif.

Karena itulah Bimo khususnya merasa kalau dirinya nggak melakukan persiapan khusus. Soal yang diujikan terdiri dari berbagai level kesulitan. Ada yang mudah, sedang, dan sulit. "Untungnya semua bisa dilewati dengan baik. Senang dan bersyukur bisa meraih juara, ini suatu kebanggaan tersendiri," kata Bimo.

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest