Follow Us

3 Ekspedisi Sosial Yang Bisa Diikuti Mahasiswa. Bikin Hidup Lebih Bermakna!=

Dewi Rachmanita - Senin, 23 Juli 2018 | 11:29
Ekspedisi NKRI
ekspedisinkri.com

Ekspedisi NKRI

HAI-Online.com - Bosan dengan rutinitas sehari-hari dan ingin coba hal baru? Yuk ikut pengabdian masyarakat lewat berbagai ekspedisi sosial. Punya misi kemanusiaan dan biasanya dilakukan di berbagai daerah yang masih kurang dari berbagai sisi, ekspedisi sosial bisa jadi salah satu pengalaman hidup lo yang tak ternilai harganya.

Lewat ekspedisi sosial ini, lo bisa belajar banyak loh sob, khususnya soal kehidupan. Apalagi lo bisa belajar langsung dari masyarakat setempat dan memahami karakteristik mereka serta mengamalkan ilmu yang lo punya.

Eits, tapi jangan asal ya dalam milih ekspedisi sosial. Pastinya mesti bermanfaat dan jangan cuma mau liburan atau jalan-jalannya aja. Nih HAI kasih rekomendasi berbagai ekspedisi sosial dengan berjuta manfaat yang bisa lo peroleh.

1. Ekspedisi NKRI

Ekspedisi NKRI
ekspedisinkri.com

Ekspedisi NKRI

Ekspedisi NKRI ini diikuti berbagai kalangan loh, yaitu mahasiswa, masyarakat sipil, anggota TNI, dan anggota Polri. Dalam ekspedisi sosial ini, sebelum terjun lo akan dibekali dengan berbagai kegiatan pelatihan. Lo bakal bertugas selama empat bulan dan bakal melintasi berbagai medan, misal gunung, hutan, rawa, sampai pantai. Lo bakal melakukan banyak kegiatan juga atas dasar sosial, seperti penelitian, pemetaan, dan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Tahun lalu sendiri ekspedisi ini jelajahi Papua bagian Selatan. Sebelumnya ekspedisi dilakukan di papua Barat, Nusa Tenggara, Bali, Maluku, Maluku Utara, dan Bukit Barisan. Ekspedisi NKRI ini pun udah ada sejak 2011. Jadi nggak usah diragukan lagi deh bro. Apalagi lo bakal dilatih oleh pihak khusus yang terlatih, yakni KOPASSUS.

2. Ekspedisi Nusantara Jaya

Diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) jadi agenda ekpedisi sosial rutin yang wajib lo ikuti. ENJ sendiri dilaksanakan untuk mengenalkan nih potensi budaya danpariwisata di Indonesia. Lebih jauh lagi untuk meningkatkan wawasan soal kemaritiman bagi generasi muda sob tentang kawasan dan pulau-pulau terpencil di Indonesia.

Nggak cuma itu, ENJ juga menggali potensi pribadi lo, melatih kepemimpinan, melatih kepedulian sosial, peningkatan bela negara, dan peningkatkan kecintaan terhadap NKRI.

Bakal ada ribuan orang yang dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia dengan dua kapal, yaitu Kapal Perintis dan KRI Dewa Ruci. Peserta pun dibagi jadi 3 kelompok nih, yaitu mahasiswa, pemuda/umum, dan pelajar/siswa SLTA.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest