Follow Us

Suka-Duka Para Pejuang Magang: Banyak Yang Di-PHP-in Perusahaan!

HAI Internship - Selasa, 24 Juli 2018 | 11:58
Mahasiswa magang

Mahasiswa magang

HAI-ONLINE.COM - Halo teman-teman mahasiswa yang udah ngebet lulus tapi masih mesti magang terus skripsian. Gimana, sudah melamar ke berapa perusahaan nih? Sudah berapa yang panggil interview?

Magang itu emang penting banget. Apalagi sekarang ini banyak universitas yang menjadikannya sebagai salah satu syarat kelulusan.

Masalahnya adalah, mencari tempat magang itu nggak segampang yang dikira. Selain itu, beberapa mahasiswa punya selera yang hampir mirip dalam urusan tempat magang impian. Masalahnya, tempat magang yang diincer pasti juga punya batasan jumlah dalam nerima pekerja magang. Banyak perusahaan yang kadang hanya menerima 1-2 pekerja magang saja tiap periodenya.

Selain jumlah saingan yang cukup banyak, kita juga harus menimbang beberapa hal dalam memilih tempat magang. Seperti yang dituturkan oleh Fajar Luthfi, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional yang ingin magang di perusahaan yang dekat dengan rumah.

“Ya, pastinya karena enggak mau ngekos. Gue pengennya sih deket dari rumah, yang bisa dijangkau kendaraan umum. Tapi sayangnya perusahaan bagus yang bergerak di bidang yang gue geluti jarang banget ada di sekitar rumah gue,” ujar Fajar.

Selain jumlah saingan yang banyak, kesulitan mencari tempat magang juga bisa disebabkan kurangnya link tempat magang. Biasanya kampus nggak ngasih list perusahaan yang bisa dijadikan tempat magang.

Ilustrasi magang

Ilustrasi magang

Makanya, cukup banyak mahasiswa yang kesulitan mencari tempat magang. Seperti yang terjadi sama Della Yulia Pratiwi. Mahasiswi jurusan Teknik Industri ini sampai harus keliling ke beberapa perusahaan untuk melamar posisi magang.

“Karena nggak tahu mau kerja praktik di mana, udah sempet keliling terus hasilnya nihil, semua pada nggak bisa nerima anak magang. Terus karena udah bingung akhirnya pasrah aja masukin surat ke beberapa perusahaan random, yang penting dapet perusahaan mau proyek apapun juga,” tutur Della.

Tak berhenti sampai di situ, setelah masukin surat ke beberapa perusahaan, Della masih harus menunggu berbulan-bulan untuk tahu kepastian apakah dia diterima atau enggak sama perusahaan itu. Melamar sejak bulan Oktober 2017, kepastian baru dia dapet bulan Desember 2017. Lumayan lama juga ya, Sob! Dan waktu yang cukup lama ini membuat Della bingung karena ngerasa kayak digantungin.

Tapi, nyari tempat magang ternyata nggak melulu susah kok! Bisa aja kalian dengan mudahnya dapet tempat magang yang asik dan sesuai dengan passion kalian. Achmad Nurjaman alias Dedot, mahasiswa jurusan Jurnalistik, contohnya. Doi mengaku nggak nggak pernah merasa kesusahan pas nyari tempat magang.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest