Follow Us

Bikin Gigs Di Rumah Nan Meriah Ala Kolektif Subn0ise

Fadli Adzani - Selasa, 03 Juli 2018 | 15:00
Rachun
Instagram.com/naxpekayon

Rachun

HAI-ONLINE.COM - Anak-anak muda di Indonesia kini mulai melihat garasi rumah mereka sebagai tempat alternatif yang bisa dijadikan wadah nge-gigs.

Pada saat dana yang menjadi masalah, garasi rumah lah yang menjadi pilihan anak-anak muda untuk membuat gigs.

Namun, membuat gigs di rumah nggak sesederhana menyewa drum, gitar, bass dan mic lalu ditaruh di garasi. Masih banyak hal yang harus dipikirkan, seperti perizinan dengan pihak warga setempat, ngundang band-band untuk manggung, hingga konsumsi untuk pengunjung.

CEK JUGA: 2 Anak Muda Yang Dilantik Jadi Menteri Saat Usianya Belum Lebih Dari 25 Tahun. Salut

Maka dari itu, untuk mengetahui suka dan dukanya membuat gigs di garasi rumahan, HAI mewawancarai Suburban Noise (Subn0ise), sebuah pergerakan baru dari anak-anak muda Bekasi yang ingin memajukan musik di kota mereka dengan bergerilya lewat gigs rumahan.

Pada hari Sabtu (30/6) lalu, Subn0ise membuat acara di sebuah perumahan di daerah Bintara, Bekasi. Rifqi Ramadhan adalah salah satu anak muda yang aktif di dalam Subn0ise, makanya, ia rela meminjamkan garasi rumahnya untuk dijadikan wadah nge-gigs.

Izin Sama Warga Sekitar

"Pertama kami bikinnya udah jauh-jauh hari juga. Kami jelasinnya harus jelas kepada warga kalau acara yang kita buat itu adalah acara kumpul anak-anak muda," ujar Rifqi alias Kidut.

Selain itu, menurut Kidut, kejujuran adalah kunci utama untuk membuat gigs di rumahan. Apalagi, suara musik dari gigs yang isinya band-band cadas, bakal terdengar ke kuping seantero komplek.

"Jangan sampai ada miskomunikasi, walau miskom itu wajar dan pasti ada," ujar Nabyl.

Nabyl menegaskan, untuk meminta izin warga atau RT setempat, ada baiknya kamu coba menghubungi satpam yang menjaga keamanan di komplek kamu. Dari situ, sang satpam bisa menyampaikan ke tingkatan yang lebih tinggi lagi.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest