Follow Us

4 Fakta SBMPTN 2018, dari Jumlah Peserta Hingga Link Pengumuman

Bayu Galih Permana - Selasa, 03 Juli 2018 | 14:41
4 Fakta SBMPTN 2018, dari Jumlah Peserta Hingga  Link Pengumuman
Tribunnews.com

HAI-Online.com - Jalur SBMPTN banyak dipilih para lulusan baru untuk masuk perguruan tinggi negeri favorit mereka untuk melanjutkan studinya ke jenjang perkuliahan.

Selain biayanya yang lebih terjangkau, lulusan-lulusan SMA pasti akan memiliki kebanggaan tersendiri apabila dia masuk ke PTN sob.

Nah, kali ini HAI bakal berbagi buat kalian di bawah ini beberapa fakta soal SBMPTN yang diadakan di tahun 2018 ini, langsung cek aja deh!

1. Jumlah Peserta

Di tahun ini, jumlah total peserta SBMPTN tahun 2018 mencapai 844.474 pendaftar dan meningkat dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 797.023 orang.

Total peserta tahun ini terbagi dalam beberapa kelompok ujian masuk, nah dari kelompok sains dan teknologi (saintek) tahun ini pesertanya mencapai 326.137 orang.

CEK JUGA: Mau Kuliah di Luar Negeri Gratis? 4 Negara Ini Bisa jadi Pilihannya!

Sedangkan dari kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum), tahun ini diikuti 341.693 peserta dan kelompok ujian campuran pesertanya mencapai jumlah 149.427.2. Sistem Baru Nilai SBMPTN

Seperti yang disampaikan oleh ketua Pokja SBMPTN 2018 Prof Budi Prasetyo Widyobroto, pada sistem penilaian SBMPTN terbaru ini peserta yang mengerjakan benar akan mendapatkan skor 1, dan bila salah atau tidak mengerjakan akan mendapatkan skor nol.

Berbeda dari pendahulunya, sistem lama SBMPTN menggunakan penilaian skor empat bila benar, minus satu kalau salah, dan yang tidak mengerjakan akan mendapat nilai nol.

BACA JUGA: Daftar PTN Yang Masih Buka Pendafataran Ujian Mandiri Setelah Pengumuman SBMPTN 3. Tanggal Pengumuman

Source : kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest