Follow Us

Punya 7 Gejala Ini? Tandanya Kamu Harus 'Puasa' Media Sosial

- Minggu, 10 Juni 2018 | 11:15
Bijaksanalah bermedia sosial saat mudik

Bijaksanalah bermedia sosial saat mudik

HAI-ONLINE.COM - Kalau kamu menemukan satu atau lebih gejala berikut, berarti sudah datang saatnya untuk mengambil jarak dengan media sosial.Dewasa ini, media sosial menjelma jadi alat komunikasi yang sangat dahsyat. Bagaimana nggak? Tujuh puluh dua persen dari pengguna internet adalah pengguna media sosial.Facebook meraup 1,5 milyar pengguna, 23% di antaranya log in senggaknya 5 kali per hari. Twitter yang memiliki 550 juta registered user dan 215 juta pengguna aktif per bulan juga kembali menunjukkan taringnya. Belum lagi Youtube, Google+, Pinterest, dan Instagram.Popularitas media sosial di dunia ini dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sosial, entah itu untuk tujuan bisnis maupun penggunaan pribadi.

Cek: 5 Hal yang Relatable sama Remaja Indonesia dari Serial 13 Reasons WhyNamun belakangan muncul pertanyaan seperti ini, apakah kamu telah memberdayakan atau justru dikuasai oleh media sosial?Seringkali kita berinteraksi di dunia maya secara berlebihan, bahkan cenderung mengarah pada kecanduan. Kalau kamu menemukan satu atau lebih gejala berikut, mungkin memang waktunya kamu “berlibur” sejenak dari media sosial.

1.Ketika situs jejaring sosial, semisal Facebook dan Twitter, jadi platform utama dalam berkomunikasi. Punya 500 teman, tapi hanya 10 orang yang benar-benar kamu kenal di dunia nyata?2.Ketika kamu terus menerus ingin membaca/meng-update status di media sosial, sehingga kamu jadi nggak produktif.3.Ketika sebagian besar kehidupan pribadi kamu terpampang di berbagai media sosial. Posting ke media sosial sepertinya jadi alternatif untuk menulis buku harian, tetapi ada saatnya kita harus mengerem keinginan mengunggah hal-hal pribadi.4.Ketika berlebihan melampiaskan kekesalan melalui media sosial. Berhati-hatilah, karena postingan atau unggahan semacam ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang nggak bertanggung jawab.5.Ketika sebagian besar waktu kamu habiskan untuk mengamati atau menguntit orang yang belum pernah kita kenal.6.Ketika kamu mengakses media sosial di saat seharusnya kamu berkonsentrasi atau melakukan hal lain. Update status saat sedang masak, atau menyetir!7.Ketika rasa percaya diri “bergantung” pada jumlah “Likes” atau “Retweets”. Setelah mem-posting foto atau status, kamu berulang kali memeriksa berupa jumlah likes yang diberikan oleh orang lain.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Media Sosial: Ketika Anda Sudah Dikuasai, Waktunya Jaga Jarak"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest