Follow Us

Mau Kuat Lari Kencang? Jangan Konsumsi 6 Makanan Ini sebelum Berlari

Rian Sidik - Senin, 04 Juni 2018 | 21:45
Peserta Marathon of the Sand harus berlari melewati gurun pasir.
Creative Commons - Kaisove

Peserta Marathon of the Sand harus berlari melewati gurun pasir.

HAI-Online.com - Setiap orang memiliki keceparan berlari yang berbeda-beda. Namun, seiring berjalannya waktu setiap orang juga berkesempatan memperbaiki performa larinya menjadi lebih baik dan lebih cepat.

Namun, ternyata makanan yang kita konsumsi bisa memengaruhi kecepatan berlari. Faktanya, beberapa makanan bisa membuat kecepatan lari kita menurun.

Artinya, jika kita memakannya, kita harus memastikan makanan tersebut tercerna dengan baik terlebih dahulu sebelum mulai berlari.

HARUS TAU JUGA NIH: Wajib Tau! Jangan Lakukan 8 Kebiasaan Ini untuk Kesehatan Kita

Seperti artikel yang HAi kutip dari Kompas.com, berikut beberapa makanan yang harus kita hindari sebelum berlari.

1. Makanan tinggi protein

Protein adalah sumber nutrisi untuk tubuh. Meski begitu, kandungan protein yang tinggi akan lebih sulit dicerna. Makanan tinggi protein seringkali nggak mengandung karbohidrat yang cukup.

Padahal, karbohidrat berfungsi sebagai penyedia energi untuk tubuh. Protein juga tak mengasilkan energi yang cukup untuk tubuh beraktivitas.

Jika kamu memakan makanan tinggi protein sebelum lari, maka akan memberi dampak pada perut. Sebab, perut akan bekerja keras untuk mencerna protein tersebut saat kamu lari.

Untuk bisa berlari lama, kita membutuhkan konsumsi 25-40 gram karbohidrat dan 10 gram protein. Beberapa makanan yang tinggi protein di antaranya telur, keju, susu, oat, ikan, udang, kacang, dan lainnya.

Bukan berarti kita nggak boleh memakannya. Hanya saja kita perlu menghindarinya sebelum lari, atau setidaknya mengkonsumsi makanan tersebut 1,5-2 jam sebelum lari.

Halaman Selanjutnya

2. Kacang, buah dan sayuran
1 2 3

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest