Follow Us

Ternyata, Inilah Alasan Sutradara Hanung Pilih Iqbaal Untuk Perankan Sosok Minke

Rizki Ramadan - Senin, 28 Mei 2018 | 19:47
Iqbaal Berbusana Seperti Minke
Falcon Pictures

Iqbaal Berbusana Seperti Minke

HAI-online.com - Kenapa sih, Iqbaal selalu memerankan tokoh dari novel yang punya banyak banget penggemar dan kebanyakan dari mereka selalu dag dig dug dengan peran yang Iqbaal bawakan nanti.

Setelah Dilan, sekarang peran Minke yang bikin ketar-ketir masyarakat karena diampu oleh Iqbaal.

Sebelum berspekulasi lebih jauh lagi dan kecewa terlalu dini, ada baiknya kita tunggu filmnya tayang dan cari tahu alasan mengapa sang sutradara memilih Iqbaal.

Alasan utama Hanung Bramantyo adalah karena Iqbaal dan Minke sama-sama anak muda usia 20 tahunan.

"Pertama tertulis jelas, Minke umur 20 dan Anelis umur 17. Jadi memang anak-anak muda. Pak Pram berbicara gejolak anak-anak muda," kata Hanung dalam jumpa pers di Studio Alam, Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018) malam kepada Kompas.com

Secara usia, Iqbaal dinilai cocok memerankan Minke, sosok yang mewakili wajah pemuda Indonesia dengan segala gejolaknya pada awal 1900-an.

"Bumi Manusia bagian tetralogi, artinya tokoh Minke tumbuh seiring sejarah perjuangan Bangsa Indonesia sampai kemerdekaan. Melihat Minke, melihat Indonesia muda pada awal 1900," kata Hanung.

Menurut Hanung, dengan menggunakan pemain muda, tokoh Minke akan lebih hidup. Karena gejolak yang terjadi pada Minke dialami juga oleh Iqbaal.

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Bumi Manusia, Novel Pram yang Difilmkan

"Jadi memang ini era globalisasi yang penuh dengan kemajuan bergerak cepat, itu yang dilanda oleh Minke. Itu alasan saya, saya tidak mau kepeleset lagi, tertulis jelas usianya juga," ucap Hanung.

Dalam novel Bumi Manusia, Minke digambarkan sebagai seorang pemuda Jawa yang cerdas. Ia bisa bersekolah di HBS, yang biasanya hanya dihuni murid keturunan Eropa.

Dalam cerita yang berlatar belakang era pemerintahan Hindia Belanda itu, Minke merupakan pemuda revolusioner yang berani melawan untuk mendapatkan haknya. Pengalamannya belajar di Amerika selama dua tahun, membuat Iqbaal merasa bisa memahami upaya Minke mengambil sisi positif budaya Eropa dan Jawa.

Oke, deh, mari kita tunggu dulu filmnya tayang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Hanung Bramantyo Pilih Iqbaal Ramadhan untuk Perankan Minke",

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest