Follow Us

5 Fakta Unik tentang Pendidikan di Finlandia, Patut Dicontoh, Nih!

Fadli Adzani - Rabu, 02 Mei 2018 | 01:00
Ilustrasi murid di Finlandia
Fadli Adzani

Ilustrasi murid di Finlandia

HAI-ONLINE.COM - Hari ini, tepatnya tanggal 2 Mei 2018, Indonesia sedang merayakan Hari Pendidikan Nasional, seraya mengingat jasa sang pahlawan nasional, Ki Hadjar Dewantara, yang memperjuangkan hak pendidikan masyarakat Indonesia di zaman kolonialisme Belanda.

Karena hari ini kita semua sedang merayakan Hardiknas, HAI ingin ngajak kamu melihat fakta-fakta unik tentang pendidikan di Finlandia, nih. Iya, di negara yang sangat dingin itu!

CEK JUGA: Walau Ditahan Imbang Bayern Muenchen, Real Madrid Tetap Lolos ke Final Liga Champions

Kamu-kamu pasti sering denger, dong, kalau Finlandia memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia? Situs Business Insider saja menjelaskan dalam artikelnya yang berjudul "26 Amazing Facts About Finland's Unorthodox Education System" kalau sistem sekolah di Finlandia adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Maka dari itu, banyak sekali para siswa-siswi di dunia ini yang sangat menyukai pendidikan di negara yang memiliki ibu kota Helsinki ini.

Yuk kita lihat kelima fakta menarik tentang sistem pendidikan di Finlandia!

1. Sekolah Dimulai di Usia 7

Di Finlandia, anak-anak baru mulai sekolah di usia 7 tahun. Menurut masyarakat Finlandia, sebagaimana yang diberitakan curiousmindmagazine.com, 7 tahun pertama dari hidup seorang anak seharusnya lebih dihabiskan bersama keluarga, bukan guru di sekolah.

2. Jarang atau Tidak Pernah Ada Ulangan

Di Finlandia, para siswa-siswi yang masih kanak-kanak diizinkan untuk tidak mengikuti ulangan. Mereka dipersilahkan untuk mencari hobi dan niat serta bakat terlebih dahulu sebelum bersedia untuk mengikuti ujian atau ulangan.

3. Guru yang Nggak Pernah Berhenti Belajar

Nggak cuma siswa dan siswinya saja yang belajar, namun juga gurunya. Di Finlandia, guru digaji untuk mengajar selama 4 jam di kelas dalam satu hari, sesudahnya, mereka digaji untuk mencari ilmu pengetahuan lebih minimal dua jam dalam satu hari.

Halaman Selanjutnya

4. Guru Sangat Dihormati
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest