Follow Us

Hati-Hati, Ternyata Kebiasaan Begadang Bisa Memperpendek Umur. Gamers Yang Suka Push Rank Sampe Pagi Mesti Baca, Nih!

Rizki Ramadan - Senin, 09 April 2018 | 12:45
Kurangi Begadang
Rizki Ramadan

Kurangi Begadang

HAI-ONLINE.COM - Banyak orang nggak terkecuali anak kuliah maupun yang masih sekolah menganggap begadang sebagai suatu hal yang wajar, atau bahkan harus dilakukan. Entah karena banyaknya tugas yang menumpuk, besoknya ada ujian lisan atau sekedar push rank.

Namun, kayaknya kita harus lebih hati-hati deh. Karena ada banyak banget efek begadang yang akan kita rasakan pada tubuh kita di kemudian hari. Pasalnya tidur yang cukup adalah salah satu kunci kesehatan.

Buat lo yang suka begadang, HAI kasih tau deh. Tidur itu termasuk aktifitas yang punya segudang manfaat. Saat tidur, otak akan melepaskan hormon dan senyawa yang membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Mulai dari mengembalikan nafsu makan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, miningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, meningkatkan kebugaran, hingga meningkatkan energi dan fokus untuk keesokan hari.

Menurut sebuah penelitian mengakatakan tidur yang cukup dapat membantu ktia mengelola stres dan gejala gangguan kejiawaan, seperti gangguan kecemasan dan depresi.

Untuk lo yang belum tau, ada durasi tidur yang ideal untuk berbagai umur. Untuk orang dewasa dan lansia sekitar tujuh sampai delapan jam. Sementara untuk kita, para ramaja dan anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama, yaitu sekitar 8-12 jam tergantung dari usianya.

Banyak hasil studi ilmiah yang membuktikan kalau kebiasaan begadang dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Kebiasaan begadang pun dilaporkan dapat meningkatkan risiko penyakit yang serius, seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian dini loh, sob.

Hal ini sudah dibuktikan oleh periset asal Inggris dan Italia yang menganalisis kebaiasaan tidur dari 1,3 juta orang yang dikumpulkan dari 16 studi terpisah.

Dari hasil penelitiannya menunjukan bahwa orang yang setiap malamnya tidur kurang dari enam jam cenderung beresiko mengalami kematian dini sebasar 12 persen.

Mereka juga menemukan bahwa orang yang mengurangi waktu tidur dari tujuh jam menjadi lima jam atau kurang dari itu, memiliki 1,7 kali resiko kematian lebih cepat. Kok bisa? Apa hubungannya?

BACA JUGA: 3 Manfaat Psikologis Dari Bermain Game MOBA Kayak Dota 2 dan Mobile Legends

Sejumlah penelitian lagi menemukan bahwa tidur malam yang kurang dri 5 jam dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang ujung-ujungnya bisa meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, kurang tidur dapat memicu terjadinya kekurangan magnesium yang juga dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah yang bisa meningkatkan risiko hipertensi, stroke, dan masalah jantung lainnya.

Jadi, jangan keseringan begadang ya, sob. Kalo emang nggak ada kebutuhan atau deadline, ada baiknya jangan begadang. Stay Healthy, guys!

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest