Follow Us

Cerita Alyssa Carson, Cewek 17 Tahun Yang Bakal Jadi Orang Pertama Yang Mendarat di Mars Pada 2030

Rizki Ramadan - Kamis, 26 April 2018 | 11:30
Alyssa Carison
Rizki Ramadan

Alyssa Carison

HAI-online.com - Pada 2010, mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama bilang bahwa ia punya prediksi misi mendatangi Mars bisa dilakukan pada pertengahan 2030. "Saya percaya kita bisa mengirim manusia ke Mars dan kembali dengan selamat ke bumi."

7 tahun sebelumnya, seorang anak 3 tahun bernama Alyssa Carson mulai ketagihan menonton film The Backyardigans.

"Planet merah satu ini keren banget. Aku mulai menonton video-video tentang pendaratan di Mars. Aku punya peta Mars yang super besar di kamar. Dan sering melihat luar angkasa dengan teleskop," kata Alyssa kepada Teenvogue.

Di umur yang sama, Alyssa bilang ia bercita-cita untuk melakukan perjalanan ke Mars.

Semuanya itu bermula ketika ayahnya, Bert Carson, mendaftarkan Alyssa ke Perkemahan Luar Angkasa AS pada 2008

Saat itu, nggak ada yang menyangkan bahwa akhirnya Alyssa terpilh menjadi orang pertama yang akan diterbangkan NASA ke Mars dan mendarat di sana.

Tahun-tahun berikutnya, ia jadi peserta rutinnya. Ia juga mengikuti Space Camp di Laval, Quebec dan di Izmir, Turki. Dengan begitu, ia menjadi orang pertama yang mengunjungi tiga NASA Space Camps.

Alyssa ingat, pada usia 9 tahun, ia bertemu dengan seorang astronot bernama Sandra Magnus. Sandra bilang, ia juga memulai cita-cita menjadi astronot di usia yang sama dengan Alyssa. Di saat itu, ia merasa bahwa kecintaannya terhadap luar angkasa bukan sekadar hobi.

Passion-nya terhadap antariksa berlanjut. Ia kerap mengikuti program-program NASA di usia belianya. Pada 2013 ia sudah bisa mendapatkan NASA Passport Program dan terpilih sebagai ambassador untuk Mars One, proyek penerbangan ke luar angkasa.

NASA sebenarnya nggak buka pendaftaran untuk orang yang belum 18 tahun. Namun, NASA sudah memastikan bahwa Alyssa adalah kandidat yang kuat karena pada 2033, Alyssa berusia 32 tahun, usia yang ideal untuk seorang astronot, ketika teknologi dan mesin sudah siap pula di masa depan itu.

Kini, menurut laporan Teen Vogue, ia sedang menjalani pelatihan intens untuk terbang ke Mars.

Di Islands of Adventure, sebuah theme park di Florida, ia membiasakan diri berakselerasi dengan naik roller coaster yang bisa mencapai kecepatan 67 miles perjam dalam 2 detik sebanyak tujuh kali.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest