Follow Us

Bukan Supaya Nggak Pusing, Tapi Ini Alasan Kita Harus Keramas Setelah Kehujanan

Alvin Bahar - Selasa, 27 Maret 2018 | 06:45
Hujan
Alvin Bahar

Hujan

HAI-ONLINE.COM - Saat kita kehujanan, rambut dan seluruh tubuh pasti akan basah. Begitu sampai di rumah, biasanya kita dianjurkan untuk langsung mandi dan keramas. Sebenarnya, kenapa kita harus keramas setelah kehujanan, ya? Apakah supaya nggak sakit kepala?

Air hujan yang turun, biasanya mengandung polutan atau kotoran yang ada di udara terbuka. Sehingga, jika air hujan mengenai kepala kita, maka kotoran-kotoran tadi bisa tinggal di rambut dan di kulit kepala.

Jadi, jika tidak segera dicuci, masalah rambut seperti ketombe, kerontokan rambut, gatal, dan bau akan muncul. Itu sebabnya kita perlu mencuci bersih rambut kita setelah kehujanan.

Cek: 6 Tanda Hubungan LDR Kamu Nggak Bakal Berlangsung Lama

Lalu, apakah polusi, zat asam, hingga kotoran yang terkandung di dalam air hujan bisa membuat kita sakit kepala?

Menurut Dr. Adnan pada laman doktersehat, sampai saat ini, masih belum ada penelitian kesehatan yang memastikan adanya hubungan antara sakit kepala akibat terkena guyuran hujan.

Namun, menurut banyak pakar kesehatan, ada dugaan bahwa dinginnya air hujan yang langsung mengenai area kepala kita saat hujan-hujanan, ternyata bisa membuat tubuh kita mengeluarkan energi yang sangat besar.

Energi yang besar itu hanya untuk menyeimbangkan suhu di area kepala ini. Nah, inilah yang ternyata bisa memicu sakit kepala atau bahkan mengalami sakit flu. (Hanna Vivaldi)

Artikel ini sudah tayang di bobo.grid.id dengan judul "Mengapa Kita Perlu Keramas Setelah Kehujanan?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest