Follow Us

Ini Dia 4 Langkah yang Bisa Lo Lakukan Untuk Mengamankan Data di Facebook

Rizki Ramadan - Senin, 26 Maret 2018 | 10:15
facebook
Rizki Ramadan

facebook

HAI-ONLINE.COM- Belakangan, Facebook tengah dijerat sebuah skandal kebocoran datan pengguna dalam jumlah yang nggak kecil. Jahatnya lagi, data ini diduga digunakan untuk sebuah kepentingan politik.

Alhasil para pengguna pun khawatir data mereka akan diperjualbelikan dan digunakan tanpa sepengetahuan mereka. Inilah asal mula tagar #DeleteFacebook muncul dan menyebar di dunia maya.

Nggak bisa dipungkiri lagi, keamanan data memang tengah menjadi sorotan besar di era informasi ini. Terus ada nggak sih cara untuk melindungi data kita? Eits, tenang aja, guys. HAI punya caranya nih. Merangkum dari Digital Trends, ada beberapa langkah yang bisa lo lakukan untuk melindungi akun dan data Facebook lo. Yuk langsung aja simak.

Backup semua data Facebook

Sebagian orang mungkin nggak tau kalau Facebook sebenarnya punya fitur yang berfungsi untuk mengunduh dan mem-backup semua data yang ada pada akun masing-masing. Caranya pun mudah. Pada bagian pojok kanan atas, tekan tombol panah ke bawah, pilih "setting", selanjutnya "General Account Setting" dan terakhir klik "Download a Copy"

Setelah lo klik, nantinya semua aktifitas lo di facebook seperti apa aja yang udah lo post, pesan terkirim sampai iklan apa aja yang udah lo klik.

Perketat setelan privasi

Masih pada fitur setting, lo akan menemukan tombol "privacy". Nah, di sini lo bisa mengatur siapa aja yang bisa melihat profil lo dan juga bisa mengatur siapa aja yang bisa meminta pertemanan, melihat daftar teman lo, hingga melihat foto yang sudah diunggah. Kalau mau semua hal di atas nggak bisa dilihat orang-orang, tinggal tekan tombol "edit" dan atur sesuai kemauan.

Cek aplikasi ketiga yang aktif

Bocornya 50 juta data Facebook yang sedang ramai diperbincangkan itu dikarenakan oleh aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, kita harus benar-benar teliti memeriksa aplikasi apa saja yang mendapat akses pada data pribadi. Caranya pun mudah, tinggal ke setting, lalu klik tombol "apps". Setelah itu tinggal atur deh, aplikasi mana aja yang mau diberikan akses.

Hapuslah Facebook

Kalau lo nggak lagi menggunakan Facebook, ada baiknya kalau lo menghapus akun Facebook lo agar nggak ada yang menyalahgunakan akun lo kedepannya. Caranya pun nggak susah, tinggal masuk ke halaman help center dan nantinya akn ada pilhan "delete my account". Tapi pastikan sebelum lo membumihangsukan akun lo, semua datanya sudah di backup.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest