Follow Us

Akhirnya Google Maps Sediakan Rute Khusus Motor.

Rizki Ramadan - Selasa, 20 Maret 2018 | 09:30
Google Maps Khusus Motor
Rizki Ramadan

Google Maps Khusus Motor

HAI-online.com - Kalian pengguna motor yang suka memanfaatkan Google Maps pasti suka sebel ketika diarahkan untuk lewat tol. Yap, sebelumnya Google Map biasa memberikan rekomendasi jalan untuk mobil.

Tapi sekarang, tepatnya sejak 16 Maret, Google Maps menyediakan rute perjalanan untuk motor juga, nih.

Product Marketing Manager Google Indonesia Sasha Sunu mengungkapka, khusus rute untuk sepeda motor, Google Maps akan ikut menyertakan rute berisi jalan-jalan pintas berukuran kecil yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Selain itu, Google Maps tidak akan menyertakan jalur melewati jalan tol yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

BACA JUGA: Terungkap! Ini Mobil yang Pernah Dipakai Ngebut Stephen Hawking

“Jadi, akan diberikan opsi jalan-jalan kecil, jalan tikus. Perkiraan waktu tempuhnya juga disesesuaikan karena pengendara motor bisa selap-selip, sehingga kerap lebih cepat sampai dibandingkan mobil,” ujar Sasha ketika berbicara dalam acara Google Maps Update di Jakarta, Selasa (20/3/2018), dikutip Kompas.com

Rute untuk motor ini sudah direncanakan Google sejak lama, bahkan butuh waktu 4 bulan untuk pengerjaan rute khususnya. Gogole menambahkan 29.000 rute jalan kecil yang bisa dilalui motor, 3.000 km jalan baru, dan 10.000 segmen jalan yang hanya bisa dilalui mobil

Caranya

Yang perlu lo lakukan hanyalah melakukan pembaruan (update) terhadap Google Maps. Pastikan sudah versi 9,73 yah.

Setelahnya, ketika minta bantuan Google Maps, bakal ada pilihan rute untuk roda dua.

“Di bagian detil navigasi, patokan (landmark) yang mudah diingat akan ditandai dengan huruf ‘i’ dalam lingkaran biru, untuk mempermudah pengendara sepeda motor dalam mengenali rute dan mengingat jalur yang dilalui,” lanjut Sasha.

Opsi rute sepeda motor di Google Maps akan bisa digunakan di seluruh Indonesia, terutama kota-kota padat lalu lintas seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan. Sayangnya, baru platform Android yang mendapat fitur ini. Pihak Google belum menerangkan kapan platform iOS bakal ikut kebagian.

Jadi, mau ke mana nih kita sekarang?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Google Maps Kini Sediakan Penunjuk Arah Khusus Sepeda Motor",

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest