Follow Us

5 Hal Ini Patut Kita Coba ketika Menjadi Mahasiswa

- Senin, 19 Maret 2018 | 09:15
Beberapa mahasiswa terlihat sedang melakukan diskusi terbuka di lingkungan kampus mereka.
Hai Online

Beberapa mahasiswa terlihat sedang melakukan diskusi terbuka di lingkungan kampus mereka.

HAI-Online.com - Selain kuliah dan ikut belajar di kelas atau nongkrong dan kerja kelompok, sebagai mahasiswa lo bisa melakukan banyak hal lain loh. Beragam hal bisa lo ikuti buat pengalaman, mengasah soft skill, sampai bisa jadi portfolio kerja nanti. HAI saranin sih lo memang banyak-banyak melakukan banyak hal berguna saat jadi mahasiswa. Pasalnya di sinilah waktunya lo makin mengenali diri lo sebelum terjun langsung ke dunia kerja.

HAI udah rangkum nih 5 hal yang patut lo coba waktu jadi mahasiswa....

UDAH TAU BELUM? 4 Tips agar Orang Tua Setuju dengan Jurusan Kuliah yang Kita Pilih

1. Ikut organisasi atau komunitas

Penting banget untuk membangun relasi nggak cuma dari teman jurusan aja bro. Gabung deh ke BEM, himpunan mahasiswa, UKM, organisasi atau komunitas lain sesuai minat lo. Coba juga hal-hal baru dan keluar comfort zone. Dari sini, lo juga akan belajar memecahkan masalah, birokrasi, dan beragam ilmu baru lainnya. Pengalaman organisasi atau komunitas, apalagi punya tanggung jawab tertentu nilai lebih saat melamar kerja loh

2. Ikut kepanitiaan

Selain organisasi atau komunitas, lo juga bisa membangun relasi lewat kepanitiaan. Ini bisa jadi alternatif buat lo yang nggak begitu suka keterikatan atau komitmen lama seperti organisasi atau komunitas yang punya periode kepengurusan tertentu. Di kepanitiaan ini lo juga bisa pilih dengan spesifik mau daftar posisi apa sesuai minat dan kemampuan. Pastinya pengalaman ikut jadi panitia acara dilirik juga oleh HR atau pimpinan perusahaan saat mau kerja.

3. Ikut lomba

Saatnya tantang diri untuk ikut beragam lomba bro. Mulai dari tingkat kampus, sampai nasional, bahkan internasional sepatutnya lo ikuti dengan percaya diri. Asah terus diri lo dalam jiwa kompetisi dan raih prestasi setinggi mungkin. Ingat, nggak hanya IPK yang penting saat jadi mahasiswa. Namun, juga capaian-capaian lain, seperti lomba. Kalau kalah pun nggak jadi masalah. Seenggaknya lo udah berani mencoba dan bisa refleksi untuk lomba-lomba ke depan.

4. Ikut seminar, workshop, atau diskusi.

Ilmu itu nggak cuma berasal dari kelas-kelas perkuliahan aja loh. Lewat seminar, workshop, atau diskusi akan menambah wawasan lo, baik sesuai dengan rumpun ilmu lo atau nggak. Beragam perspektif baru dari pakar, praktisi, atau orang lain bisa meningkatkan nilai diri lo. Nggak usah takut kalau memang teman ada yang nggak mau datang ke acara diskusi sendiri pun oke loh. Toh di acara bisa kenalan dan dapat teman baru.

5. Ikut kegiatan volunteer

Salah satu tri darma perguruan tinggi yang ketiga adalah pengabdian kepada masyarakat. Nah, nggak ada salahnya lo mengamalkan ilmu perkuliahan lewat beragam kegiatan volunteer.Selain ilmu dari perkuliahan pun boleh banget. Misal ikut terjun jadi relawan di pelosok negeri, pengajar di sekolah sekitar kampus, dll. Dijamin kegiatan volunteer bisa bikin lo lebih bahagia dan bersyukur deh!

Lima kegiatan itu juga jangan sampai bikin lo abai dengan perkuliahan ya. Kegiatan akademik juga patut dijaga dan terus ditingkatkan bro.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest