Follow Us

Peta Indonesia Ternyata Udah Diperbarui, Mau Tau Bedanya?

Alvin Bahar - Jumat, 02 Maret 2018 | 07:00
Peta Indonesia diperbarui sesuai dengan kesepakatan dengan negara tetangga.
Alvin Bahar

Peta Indonesia diperbarui sesuai dengan kesepakatan dengan negara tetangga.

HAI-ONLINE.COM – Di sekolah, pasti kamu pernah ditunjukkan peta Indonesia. Nah, ternyata peta Indonesia itu sudah diperbarui, lho.

Ada beberapa wilayah yang tadinya berada di luar Indonesia, sekarang masuk jadi bagian Indonesia. Hal itu karena beberapa kesepakatan dengan negara-negara tetangga sudah selesai dan menghasilkan beberapa perubahan.

Apa saja, ya, perubahannya? Yuk, kita simak!

1. Batas dengan Pulau

Pulau Tobi dan Karang Helen masuk dalam wilayah Indonesia. (Kemenko Kemaritiman via goodnewsfromindonesia.id)
Di bagian utara Papua Barat, ada dua pulau kecil, yaitu Pulau Tobi dan Karang Helen. Sebelumnya, dua pulau itu adalah milik negara kepulauan bernama Palau.

Maka itu, di peta yang lama, batas wilayah Indonesia terlihat melengkung karena dua pulau itu nggak masuk wilayah Indonesia. Namun, di peta yang baru, dua pulau kecil ini ternyata masuk dalam wilayah Indonesia.

Ini karena dua pulau tersebut masih dalam batas Zona Tangkap Eksklusif (ZTE) di perairan Indonesia.

2. Batas dengan Filipina

Garis perbatasan dengan Filipina sudah diubah jadi garis lurus. (Kemenko Kemaritiman via goodnewsfromindonesia.id)
Laut di bagian utara Pulau Sulawesi adalah perbatasan dengan negara Filipina. Nah, di peta yang lama, ada sebagian kecil wilayah di perbatasan yang ditandai dengan gari putus-putus.

Namun, di peta yang baru, garis putus-putus ini sudah diubah jadi garis lurus. Hal ini karena perjanjian ZTE antara Indonesia dan Filipina sudah selesai sehingga perbatasan itu sudah berlaku secara sah.

3. Laut Natuna

Bagian utara Laut Natuna sekarang sudah diberi nama. (Kemenko Kemaritiman via goodnewsfromindonesia.id)
Pada peta lama, Laut Natuna yang berada di Kepulauan Riau digambarkan dengan garis laut teritorial dan laut kepulauan. Nah, di peta yang baru, bagian utara Laut Natuna yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan diberi nama Laut Natuna Utara. Karena wilayah ini ternyata masih masuk wilayah negara kita.

Halaman Selanjutnya

4. ZEE di Selat Malaka
1 2

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest