Follow Us

Review Film 'Red Sparrow': Ketika Kekuatan Manipulasi Pikiran dan Rayuan Jadi Senjata Agen Rahasia

Rizki Ramadan - Kamis, 01 Maret 2018 | 09:00
Film Red Sparrow
Rizki Ramadan

Film Red Sparrow

HAI-online.com - Tahun lalu ada film berjudul ‘Atomic Blonde’ yang diperankan oleh Charlize Theron. Film itu mengangkat cerita tentang seorang perempuan yang adalah agen MI6 top level dan mempunyai misi ke Berlin untuk menyelidiki kematian rekannya dan mencari seorang double agent.

HAI nggak akan ngebahas film itu di artikel ini, HAI cuma mau mengingatkan aja kalau nggak banyak film yang mengangkat tema serupa, karena biasanya seorang agen rahasia yang menjadi tokoh utama di sebuah film kebanyakan seorang pria.

Nah, di tahun ini, beruntunglah film dengan tokoh utama perempuan sebagai agen rahasia kembali hadir. Diperankan oleh Jennifer Lawrence, trailer film Red Sparrow sukses bikin para penonton, apalagi pecinta film action penasaran (termasuk HAI! Hehe).

BACA JUGA: Terungkap, Groot di Guardians of the Galaxy 2 Ternyata Bukanlah Groot dari Film Pertama

Berbeda dengan film ‘Atomic Blonde’ yang menyuguhkan adegan berantem dan pukulan sana-sini dari si tokoh utama, di Red Sparrow kita bakal lebih banyak ngeliat Dominika Egorova (peran Jennifer Lawrence) ngerayu para cowok yang jadi targetnya. Yup, soalnya doi emang diajarin keahlian memanipulasi target dengan rayuan lewat tubuh dan pikiran sebagai agen rahasia.

Hal tersebut dipelajari oleh Dominika di sebuah program bernama Red Sparrow. Dominika sendiri yang merupakan mantan penari balet, dan harus berhenti karena ‘dimanipulasi’ oleh saingannya, terpaksa mengikuti program Red Sparrow karena nggak punya pilihan lain. Paman Dominika yang merupakan seorang petinggi di negara mereka, Rusia memaksa Dominika untuk bekerja dan mengabdi kepada Rusia. Selain nggak punya pilihan lain, keharusan Dominika untuk menafkahi kehidupan dia dan ibunya pun menjadi alasan utama.

Sebenernya bukan masalah bagi Dominika untuk mengabdi kepada negaranya, namun cara Paman dan petinggi Rusia yang lain membuat Dominika akhirnya berbelok alias berkhianat. Dominika yang seharusnya menyelidiki dan memata-matai agen dari Amerika Serikat justru malah memutuskan untuk membantu mereka.

Akting Jennifer Lawrence emang udah nggak perlu diragukan lagi, aktris pemenang piala Oscar ini mampu merefleksikan tokoh Dominika yang tertekan namun tetap bersikap kuat dan cerdas. Plus, kecantikan Jennifer Lawrence nggak memudar sepanjang film, walaupun udah babak belur!

Hanya saja, menurut HAI, karakter Dominika sebagai agen rahasia kurang kuat. Pasalnya, sejak menjalani misi, sisi misterius Dominika sebagai agen nggak ada. Malah terlihat banget kalau dia hanya fokus ke bagaimana cara dia keluar dari situasi itu.

Tapi, adegan-adegan yang ada di film ini sukses bikin penonton meringis, aksi Jennifer Lawrence yang dipukuli abis-abisan juga bikin HAI nggak tega ngeliatnya. Soal plot twist, di ending bakal keliatan banget kecerdasan dan kecerdikan yang Dominika punya.

Pokoknya, film ini bisa banget, deh, masuk ke list film yang perlu kalian tonton minggu ini. Jangan sampe nggak nonton, ya!

(Penulis: Nurul Hardiyanti)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest