Follow Us

10 Fakta Unik dari Layanan Streaming Musik di Indonesia

Alvin Bahar - Selasa, 20 Februari 2018 | 07:30
8 Layanan Streaming Musik Yang Ada di Indonesia
Alvin Bahar

8 Layanan Streaming Musik Yang Ada di Indonesia

HAI-ONLINE.COM - Spotify baru-baru ini menyelenggarakan sesi ‘The New Audio Insights’ untuk para pengiklan dan agensi media di Indonesia. Dipandu oleh Sea Yen, Ong, Regional Vice President of Sales, Spotify Asia dan Joseph Kennedy, Lead of Digital, Media, and Analytics, Kantar TNS Indonesia, acara tersebut melibatkan lebih dari 130 peserta untuk bersama memahami perilaku dan preferensi konsumen yang saling terhubung di Indonesia.

Beberapa poin penting dari sesi ‘The New Audio Insights’:

● Konsumer Terhubung di Indonesia: Perilaku dan Preferensi

o Seiring berkembangnya penetrasi internet di Indonesia, penggunaan saluran digital perlahan mulai melampaui saluran tradisional, di mana pengguna menghabiskan setidaknya selama 2,7 jam untuk online setiap harinya.

o Online streaming kini telah menjadi bagian penting dari hidup masyarakat Indonesia. Dengan berkembangnya layanan streaming audio secara mantap, para pengiklan harus melihat kesempatan untuk beriklan selain di radio. Diantara pendengar radio yang saling terhubung, streaming online mendominasi 50% keseluruhan waktu pengguna saat mendengarkan audio.

o Masyarakat Indonesia tidak lagi bereksperimen dengan platform media sosial namun menggabungkannya untuk penggunaan tertentu. Pengguna di Jawa lebih banyak mengakses konten hiburan; seperti instant messaging, TV shows, dan streaming musik.

o Konsumen memiliki reaksi yang berbeda terhadap iklan tergantung pada waktu. Berdasarkan studi Kantar Millward Brown AdReaction 2017, konsumen dari Gen Z, Gen Y, dan Gen X lebih mudah menerima iklan di antara pukul 12:00 sampai 15:00, kemudian pada pukul 18:00 sampai 21:00.

o Sementara, dari Gen Z dan Gen Y lebih memilih untuk melihat iklan di sela-sela musik dan film.

● Studi ‘The Study New Audio’

o Spotify dianggap sebagai platform pelengkap dari stasiun radio karena platform streaming musik ini memberikan jangkauan rata-rata tambahan yang unik sebesar 19,5% untuk para pendengar berusia 25-64 tahun.

o Saat menganalisa data lebih jauh, hasil menunjukkan bahwa Spotify memberikan peningkatan inkremental sebesar 25,8% bagi mereka yang berusia 15-24 tahun. Hal ini menunjukkan bagaimana layanan streaming musik telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

o Pengguna Spotify mahir dalam hal digital dan cenderung membuat keputusan pembelian yang lebih tepat berdasarkan ulasan dan pendapat yang ada di online.

o Penguna Spotify mendengarkan musik sepanjang hari sementara pendengar radio mendengarkan di tengah perjalanan mereka.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest