Follow Us

Alasan Kita Suka Belum Kenyang Kalau Belum Makan Nasi. Ternyata Itu Masalah Mindset Bukan Masalah Perut!

Rizki Ramadan - Rabu, 24 Januari 2018 | 04:15
Belum Kenyang Kalau Belum Makan Nasi
Rizki Ramadan

Belum Kenyang Kalau Belum Makan Nasi

HAI-online.com - Kita sering banget denger celetukan orang yang baru saja nyemil banyak banget kue, mie goreng, dan sayur, "Belum kenyang kalau belum makan nasi."

Apa kamu juga salah satu tipe orang yang seperti itu?

Hmm ternyata, itu bukan masalah perut kita yang kekurangan asupan karbohidrat, melainkan masalah dari pikiran kita.

Ilmuwan dari Institut Nasional Ilmu Fisiologi Jepang yang mengungkapnya, keinginan untuk terus melahap karbohidrat itu datang dari dalam otak.

Katanya, sel saraf yang dapat merespon stres saat itu aktif dan bikin kita bertambah nafsu makannya.

Sebelumnya, para ahli tersebut melakukan penelitian pada tikus. Hasilnya, tikus yang sel sarafnya sedang aktif bisa melahap karbohidrat tiga kali lebih cepat.

"Ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan bagaimana otak memainkan peran dalam preferensi untuk karbohidrat atau lemak," ujar Yasuhiko Minokoshi, ilmuwan yang memimpin penelitian, dikutip dari AFP, Jumat (19/1/2018).

BACA JUGA: 5 Manfaat Diet Nasi atau Roti. Cowok Buncit Mesti Baca Nomor 3.

Minokoshi berkata bahwa manusia pada umumnya memang memilih makanan berdasarkan selera dan keadaan gizi tubuh. Namun, mekanisme pasti yang terlibat di dalamnya adalah sebuah misteri.

"Banyak orang yang setelah makan banyak permen saat stres cenderung menyalahkan diri karena tidak dapat menahannya. Tapi, seandainya mereka tahu kalau itu karena neuron, mungkin tidak akan sulit untuk mengendalikan diri sendiri," sambungnya.

Namun, hingga saat ini, ahli belum bisa menemukan cara yang baik agar dorongan untuk makan karbohidrat dan makanan manis terus menerus itu bisa diredam. Pasalnya, jika menekan efek neuron, banyak efek samping yang terjadi.

"Jika kita bisa menemukan molekul tertentu dalam neuron dan menekan sebagian aktivitasnya, kita bisa mengurangi makan berlebihan dari makanan yang tinggi karbohidrat," jelasnya.

Udah makan nasi hari ini, bro?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest