Follow Us

Ini Penyebab Kita Harus Kurang-Kurangin Fast Food Mulai dari Sekarang

- Senin, 22 Januari 2018 | 13:15
Fast food
Hai Online

Fast food

HAI-Online.com - fast food itu enak? Setuju! Tapi, kenapa yang enak-enak itu sering kali memberikan efek nggak enak di kemudian hari, yha? Seperti yang kita ketahui nih, terlalu banyak menyantap makanan cepat saji (fast food) tentunya memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan.

Umumnya, fast food mengandung banyak minyak yang tentunya bukan sesuatu hal yang baik bagi tubuh. Bila mengonsumsinya secara berlebih, akan terjadi peningkatan peradangan di tubuh, yang akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Apakah ada yang lebih parah? Tentu, salah satunya sistem kekebalan tubuh yang akan diserang oleh fast food. Bagian yang diserang oleh makanan ini adalah sensor genetik yang disebut inflammasome.

UDAH TAU BELUM? Nggak Nyangka! Makan Mie Instant Campur Nasi itu Bahaya buat Kesehatan

Kalau kamu secara terus-menerus menyantap burger ukuran besar, siap-siap, sistem kekebalan tubuh akan bermasalah yang akhirnya menyebabkan peningkatan risiko penyakit berdasarkan penelitian terbaru yang dipublikasikan di Jurnal Cell.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti memberikan tikus makanan khas orang-orang ‘Barat’ yang serupa dengan makanan cepat saji, yaitu tinggi lemak dan gula serta rendah serat selama satu bulan.

Para peneliti menemukan bahwa tikus yang menyantap makanan cepat saji mengalami respons inflamasi yang signifikan. Respons ini hampir sama seperti mereka yangg menderita infeksi bakteri yang buruk. Saat mereka kembali ke makanan reguler, peradangannya berkurang, namun sistem kekebalan tetap bereaksi kuat.

“Inflammasome memicu perubahan epigenetik semacam itu," kata rekan penulis studi Eicke Latz, direktur Institute Innate Immunity di University of Bonn, Jerman.

Akibatnya, kata Latz, sistem kekebalan tubuh lebih peka bereaksi, bahkan terhadap rangsangan kecil dengan respons peradangan yang lebih kuat.

“Temuan ini memiliki relevansi sosial yang penting, di mana pengetahuan dasar soal makanan sehat perlu menjadi bagian dari pendidikan saat ini,” ungkap Latz.

Jadi, kurangi makan makanan yang nggak sehat ya. Terutama junk food, guys. Yuk, lebih memperhatikan kesehatan mulai hari ini!

Penulis : Kalika Diah P.M

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest