Follow Us

Ini Dia 7 Fakta Unik Jerapah yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Rizki Ramadan - Senin, 15 Januari 2018 | 03:15
Jerapah
Rizki Ramadan

Jerapah

HAI-online.com - Kalau kita pergi ke kebun binatang, pasti deh akan selalu melihat hewan ini. Yap, hewan yang dikenal dengan lehernya yang panjang dan tutul-tutul pada tubuhnya ini ternyata memiliki banyak fakta unik lho yang mungkin belum kamu ketahui. Penasaran? Mending langsung cek aja, guys!

1. Hewan Darat Tertinggi

Jerapah adalah hewan darat tertinggi di dunia. Tingginya bisa mencapai 5,7 meter. Walaupun begitu, jumlah ruas tulang lehernya sama dengan mamalia lain juga manusia. Ia mempunyai tujuh ruas tulang leher.

2. Motif Tutulnya Berbeda-beda

Sama seperti sidik jari manusia, motif tutul pada jerapah tidak pernah sama. Walaupun hanya satu atau dua jerapah, motifnya tetap tidak akan pernah sama.

3. Tidur Hanya Sebentar

Jerapah nggak membutuhkan waktu lama untuk tidur. Jerapah bisa tidur dalam posisi berdiri atau berbaring dengan mata tertutup. Si leher panjang ini hanya tidur tiga sampai lima menit saja. Sedangkan di malam hari, ia hanya tidur selama 20 menit.

4. Bisa Hidup Tanpa Air

Sama seperti unta, jerapah pun bisa bertahan hidup tanpa air. Bahkan ia bisa bertahan hidup tanpa air lebih lama dari unta. Biasanya, jerapah akan minum kurang kebih 12 galon air terlebih dahulu. Barulah ia bisa bertahan hidup tanpa air. Sumber air jerapah adalah dari makanannya, yaitu daun pohon akasia.

5. Punya Lidah Panjang

Selain lehernya, lidah jerapah juga panjang. Lidah jerapah panjangnya bisa mencapai 45 cm. Ia menggunakan lidahnya untuk mengambil dan melumat makanannya. Lidahnya ini juga digunakan untuk menjilati telinganya agar bersih dari kotoran.

6. Punya Tanduk

Source : kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest