Follow Us

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Kita Gagal Di Ujian. Anak Kelas XII Perlu Baca, Nih.

Rizki Ramadan - Rabu, 10 Januari 2018 | 08:15
Bangkit dari Kegagalan Ujian
Rizki Ramadan

Bangkit dari Kegagalan Ujian

HAI-Online.com - Sebagai anak remaja, apalagi pelajar SMA, kita pasti berhapadan dengan yang namanya ujian. Temen-temen kelas XII yang paling merasakannya. Ada dua raja terakhir: ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi.

Kita tentu perlu berjuang untuk mempersiapkan diri. Tapi, sebagai pejuang yang baik, kita juga mesti mengantisipasi jika gagal. Senggaknya tahu gimana agar nggak terlalu down.

“Kadang kita memang butuh waktu untuk sedih dan kesal. Ini wajar tapi kita harus tahu bahwa ini ada batasnya. Karena setelah masa itu selesai, kita harus memikirkan harus ngapain nih kita setelah tahu bahwa kita gagal,” kata Bernadetta Anjani, M.Psi, Psi, Klinik Bingkai, Bintaro

Mental kita kudu kuat. Kuat bersaing sekaligus menerima kegagalan.

Teorinya gampang, ngelakuinnya bagi sebagian orang merupakan hal yang berat. Baiknya, kiat berikut ini nggak salah kalau dikebet!

Anggap Emosi Pasca Kegagalan adalah Hal Biasa

Merupakan hal yang wajar bagi kita untuk kesal, apalagi sedih, ketika mengetahui kita gagal dalam sebuah ujian. Nggak masalah untuk membiarkan diri kita bersedih beberapa saat. Keluarkan dan luruhkanlah segala kekesalan kamu untuk beberapa waktu.

BACA JUGA: Jadi Joki Skripsi Sampai Joki Ujian, Ini Cerita Teman-teman Kita yang Meraup Uang Dari Kemalasan Orang

Terima Kenyataan

Ingat, jangan sampai kamu bersedih terlalu lama. Ada saatnya untuk kita terima kenyataan. Nggak perlu denial dengan sibuk mencari siapa yang salah. Soalnya emang bisa jadi kitalah yang kurang belajar. Jadi, cobalah untuk berlapang dada dan berpikiran terbuka sembari mengevaluasi diri sendiri. Kalau perlu, kita juga minta maaf ke orang tua karena kekurangan yang kita miliki, sehingga menyebabkan kita gagal.

Move On

Setelah kita menuangkan segala kesedihan dan mampu menerima kegagalan, maka langkah selanjutnya adalah move on dari kegagalan dan rasa keterpurukan. Tenang aja, dunia kita belum “kiamat” kok. Sebaiknya, kita fokus pada apa yang bisa kita lakukan sekarang dan bagaimana langkah selanjutnya. Misalnya, dengan ikut ujian paket C. Jangan sampai, kita menyia-nyiakan kesempatan ini.

Halaman Selanjutnya

Gunakan Back Up Plan
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular