Follow Us

Hari Ibu dengan Mother's Day Itu Beda Lho, Ini Penjelasannya

Alvin Bahar - Jumat, 22 Desember 2017 | 02:30
Mother's day atau hari ibu?
Alvin Bahar

Mother's day atau hari ibu?

HAI-ONLINE.COM - Buat yang bingung kenapa hari ibu dengan international mother's day tanggalnya beda, atau nganggep dua hari itu sama aja, mesti baca sejarah lagi nih! Soalnya, hari ibu dengan mother's day itu beda lho!

Yap, dua hari spesial itu punya makna yang beda. Kalo mother's day punya makna kasih sayang ibu dan anak, hari ibu yang diperingati pada 22 Desember ini punya arti yang lebih dalam. Hari ibu adalah tonggak sejarah perjuangan perempuan Indonesia mencapai kemerdekaan, menebalkan rasa kebangsaan, hingga perjuangan perempuan untuk mendapat hidup yang layak.

Semuanya berawal ketika tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Penetapan itu didasarkan pada tanggal pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia.

Simak: Terima Kasih Internet, Kita Kini Tau Gimana Jadinya Kalo Bumi Berubah Jadi Cewek Anime

Presiden Soekarno bersama sejumlah tokoh perempuan Indonesia. Dok. Kowani
Apa itu Kongres Perempuan Indonesia? Kongres perempuan itu adalah buah dari semangat perjuangan yang muncul setelah peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Peristiwa itu kemudian memecut kaum perempuan untuk sama-sama memperjuangkan kemerdekaan.

Akhirnya, pada 22 Desember 1928, diselenggarakanlah Kongres Perempuan Indonesia yang pertama kali di Yogyakarta.

Dalam kongres itu, perempuan-perempuan pejuang yang datang dari 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan.

Mereka juga menyelipkan agenda perbaikan nasib kaum perempuan, mulai dari isu peran perempuan dalam pembangunan bangsa, perdagangan anak dan kaum perempuan, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, hingga pernikahan usia dini.

Dari kongres ini, kaum perempuan sepakat untuk membuat sebuah organisasi bernama Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI) untuk memperjuangkan cita-cita mereka.

Dikutip dari situs Kowani.or.id, mereka juga sepakat untuk mengirimkan mosi kepada pemerintah kolonial untuk menambah sekolah bagi anak perempuan.

Lalu, kongres juga memutuskan bahwa pemerintah wajib memberikan surat keterangan pada waktu nikah (undang-undang perkawinan), diadakannya peraturan yang memberikan tunjangan kepada janda dan anak-anak pegawai negeri Indonesia, serta masih banyak lagi.

Pada tahun 1929, organisasi itu berubah nama menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII).

Kongres Perempuan Indonesia
Ditetapkannya Hari Ibu

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest