Follow Us

Dari Perjuangannya dan Kedua Putra, Pak Jokowi Berbagi 3 Pelajaran Penting Untuk Berbisnis Ini. Kamu Mesti Tahu

Rizki Ramadan - Selasa, 19 Desember 2017 | 06:45
Jokowi Saat Menjalani Bisnis Mebel
Rizki Ramadan

Jokowi Saat Menjalani Bisnis Mebel

HAI-online.com - Jauh sebelum menjadi seorang Presiden Republik Indonesia, Pak Joko Widodo (Jokowi) telah menjadi pengusaha kayu (mebel) yang sukses lho guys! Tentunya dalam membangun bisnis mebel ini, pasti nggak semudah yang kita lihat. Melainkan, Pak Jokowi harus melewati berbagai rintangan hingga akhirnya bisa sesukses seperti saat ini usaha mebel tersebut.

Seperti yang dilansir dari Facebook fanpage Pak Jokowi, ia menceritakan bagaimana membangun bisnisnya. Kemudian, darah bisnis tersebut turun ke anak-anaknya (Gibran dan Kaesang). Dari cerita tersebut, ternyata banyak sisi positif yang dapat kita ambil sebagai generasi muda nih guys.

(BACA: Pelajar Ini Membuktikan, Menjadi Pintar dan Kritis Itu Bisa Diimbangi Dengan Kreativitas Berbisnis)

1. Kegigihan Sangat Diperlukan

Pada Facebook fanpage tersebut, Pak Jokowi menceritakan bahwa ia sangat tahu betul bagaimana susahnya cari modal usaha di awal-awal.

"Saya tahu betul bagaimana cari modal usaha di awal-awal, kemudian kepalang keliling cari pembeli, perizinan yang rumit, mengisi SPT pajak, mengurus karyawan, membeli alat produksi," ujar Presiden.

Yap, kegigihan ini yang harus kita contoh lho guys!

2. Mandiri Adalah Kunci

Pak Jokowi juga menceritakan bahwa ketiga anaknya nggak ada yang ingin melanjutkan usahanya (mebel). Gibran memilih usaha berjualan martabak dan Kaesang memilih usaha berjualan pisang goreng yang ternyata sukses di pasaran.

Dengan begitu, berarti Gibran dan Kaesang memulai bisnisnya dari nol lagi tanpa bantuan dari sang Ayah. Padahal sebetulnya, jika mereka melanjutkan usaha mebel tersebut akan lebih mudah dibandingkan harus memulai dari nol. Tapi nyatanya? Usaha mereka kini sangat sukses dan Pak Jokowi pun mengakuinya.

“Saya terkejut, hanya dalam rentang waktu lima tahun saja "brand value" pabrik kayu yang saya bangun ternyata sudah kalah jauh dari "brand value" martabak milik Gibran. Merek usaha martabak Gibran nilainya lima kali lipat dari merek pabrik kayu saya,” tulis Pak Jokowi.

3. Percaya Pada Diri Sendiri, Bahwa Usaha Kita Bisa Sukses

Yap, melihat Gibran dan Kaesang yang memilih untuk memulai bisnis yang nggak ada kaitannya dengan sang Ayah, tentu modal utama yang diperlukan adalah percaya pada diri sendiri bahwa kita mampu melakukannya. Setelah percaya, tentu kita akan sedikit lebih mudah untuk menghadapi yang lainnya.

Nah, dengan kita melihat sisi positif dari kisah Pak Jokowi dan keluarga, ternyata banyak hal yang dapat kita contoh ya guys. Pokoknya, sukses terus untuk kita sebagai anak muda Indonesia!

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest