Follow Us

Lupakan Rosulusi 4K, sekarang HDMI sudah dukung 10K!

Rizki Ramadan - Kamis, 07 Desember 2017 | 03:00
HDMI 2.1
Rizki Ramadan

HDMI 2.1

HAI-online.com - HDMI forum, organisasi yang menetapkan standar untuk kabel HDMI pekan ini merilis standar HDMI 2.1 terbaru. Standar ini sebenarnya sudah diumumkan di awal tahun 2017 pada acara CES 2017. Namun, akhirnya sudah difinalisasi dan siap diterapkan di semua perangkat audio visual.

(BACA JUGA NIH: Ini Daftar 5 Besar Brand Smartphone di Indonesia. Nggak Ada Apple dan Asus)

Mau tau nggak, resolusi standar terbaru HDMI 2.1 sampai berapa besar? Dengan bandwidth yang mencapai 48Gbps, HDMI 2.1 mampu mendukung video dengan resolusi 10K! Gokil banget nggak tuh? Resolusi 4k aja udah ciamik banget gambarnya, apalagi 10K, guys.

Walaupun sudah mendukung video 10K, sayangnya sampai saat ini belum ada kamera yang dapat merekam dengan format sebesar itu. Paling tinggi saja hanya sampai 8K. Format 10K ini kayaknya kalau buat bioskop keren banget kali ya?

Selain itu, ada juga dukungan Dynamic HDR dan beberapa fitur yang sangat berguna untuk para gamer terutama para pemain game dengan mode FPS. Karena terdapat fitur VRR (Variable Refresh Rate), Quick Frame Trasnport dan Quick media Switching. Jadi, nggak bakal lagi tuh ada frame drop atau framing pada saat main game.

Standar HDMI 2.1 ini kompatibel dengan semua spesifikasi HDMI sebelumnya, yang artinya kita nggak perlu mengganti perangkat HDMI lama, guys. Tapi, mungkin saja ada beberapa fitur baru yang nggak bisa dijalankan.

(Penulis : Dio Firdaus)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest