Follow Us

Ini Dia 5 Ajang Penghargaan Film Indonesia Yang Ada Tiap Tahun.

Rizki Ramadan - Rabu, 06 Desember 2017 | 08:00
Festival Film Indonesia
Rizki Ramadan

Festival Film Indonesia

HAI-online.com - Indonesia punya banyak ajang apresiasi loh untuk para sineas berbakat tanah air. Hal ini tentu menjadi hal baik dan menandakan dukungan yang penuh terhadap karya bangsa.

HAI sudah rangkum deretan penghargaan film tanah air yang hadir setiap tahunnya.

1. Festival Film Indonesia (FFI) Gelaran ini sudah ada sejak 1955 yang berlanjut pada 1960 dan 1967 dengan nama Pekan Apresiasi Film Nasional. Lalu mulai teratur sejak tahun 1973. Pialanya pun disebut dengan Piala Citra

Kiprah ajang ini cukup dinamis loh, nggak cuma dari namanya saja yang berubah. Pada 1992 juga FFI sempat terhenti dan baru kembali diadakan pada 2004. Salah satu bentuk perkembangannya juga adanya Piala Vidia untuk film televisi.

Pada FFI 2017 yang baru digelar belum lama ini, film Pengabdi Setan jadi film yang paling banyak boyong piala. Selain itu film Night Bus jadi film terbaik.

2. Indonesian Movie Actors Awards

Sempat memiliki nama Indonesian Movie Awards, penghargaan ini pertama kali ada pada 2007. Cikal bakal terbentuknya penghargaan ini disinyalir atas kekecewan terhdap FFI 2006. Dalam penghargaan ini, piala yang diberikan disebut Piala Layar Emas. Pemenang pun dibagi menjadi yang terbaik dan terfavorit. Dalam kategori terbaik dipilih oleh juri, sedangkan terfavorit dipilih oelh masyrakat.

Pada gelaran 18 Mei 2017 lalu, film terfavorit jatuh kepada Cek Toko Sebelah. Selain itu Reza Rahadian keluar menjadi aktor terbaik sekaligus terfavorit. Sedangkan Cut Mini menjadi aktris terbaik dan Laudya Cynthia Bella menjadi aktris terfavorit.

3. Festival Film Bandung

Bila biasanya gelaran apresiasi hadir dari ibu kota, kali ini komunitas Forum Film Bandung punya acara juga bertajuk Festival Film Bandung. Festival ini pun terbilang sudah cukup lama hadir loh meramaikan ajang penghargaan film, yakni sejak 1987.

Dalam penghargaan di Festival Film Bandung nggak disebut terbaik atau terfavorit layaknya acara apresiasi lain, tapi gelar "Terpuji". Ada juga nih pemenang yang lebih dari satu dengan sebutan "Pemanang Ganda". Kategori juga nggak cuma berkutat di film panjang bioskop saja, tapi juga televisi, lifetime achievement, dan film impor.

4. Piala Maya

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular