Follow Us

Penelitiannya Ditolak di Indonesia, Pelajar SMA Ini Diterima dan Diundang Google

- Jumat, 24 November 2017 | 10:45
Bangga Banget, Deh!
Hai Online

Bangga Banget, Deh!

Coba perhatiin dua kalimat berikut ini. "Si A karyanya ditolak di Indonesia, tapi begitu coba ke luar negeri malah jadi terkenal." Satu lagi, "Si B kemampuannya tidak di akui di Tanah Air, waktu ikut ajang pencarian bakat internasional, para juri malah jadi melongo."

Yap, hal serupa memang seringkali terdengar di telinga kita. Entah karena penilaiannya di Indonesia yang kurang atau memang sudah nasibnya bisa mengembangkan bakat di luar negeri. Peristiwa serupa juga dialami oleh seorang remaja asal Yogyakarta ini. Siswa SMAN 8 Yogyakarta ini mengaku sudah 11 kali mengajukan judul penelitiannya di berbagai ajang kompetisi Indonesia. Sayangnya, judul penelitian tersebut malah ditolak.Melansir dari Kompas.com, Penolakan itu tidak membuatnya berkecil hati.

Justru hal itu malah membuat semangat remaja berkacamata itu kian membara. Nama dari remaja berprestasi tersebut adalah Cristopher Farrel Millenio Kusuma. Dia terus berusaha menyempurnakan penelitiannya baik dari sisi teori hingga penulisannya. Sebab, remaja kelahiran Yogyakarta ini yakin suatu saat penelitiannya akan diterima.

"(Saya) tidak menyalahkan panitia, tetapi diri saya sendiri dan mengevaluasi. Mungkin cara saya menyampaikannya kurang tepat sehingga mereka sulit memahami, jadi terus disempurnakan sampai-sampai membuat delapan versi," ujarnya.

KOCAK NIH: Awas! Salah Kaprah Tempel Stiker Mobil Racing, Bikin Tengsin

Farrel kemudian iseng-iseng untuk mengajukan judul yang ditolak di Indonesia tersebut ke Google. Dirinya tak menyangka akan mendapat undangan melalui email dari Google untuk mempresentasikan karyanya.'

Melansir dari Tribunnews, Farrel berhasil menciptakan penelitiannya tentang "Data Compression using EG and Neural Network Algorithm for Lossless Data."

Keren, Abis!
Google sendiri ingin Farrel mempresentasikan gagasannya di Mountain View, California.

"Berangkat ke sana karena proposal penelitian saya berjudul 'Data Compression using EG and Neural Network Algorithm for Lossless Data' lolos," kata Farrel saat ditemui Kompas.com di SMA Negeri 8 Yogyakarta, Rabu (22/1).

Ide penelitian yang mengantarkannya ke Google berawal dari hal sepele. Farrel ingin mengunduh sebuah game. Namun, kuota data yang dimilikinya terbatas. Waktu itu, Farrel masih duduk di kelas 1 SMA.

"Awalnya itu ingin men-download game, tapi kuota terbatas, padahal saya ingin sekali main game itu.

Lalu kepikiran, bagaimana caranya mengecilkan game itu, biar bisa main," tuturnya sembari tertawa. Dari keinginannya main game tersebut, Christopher Farrel Millenio lalu mulai mencari di internet cara mengecilkan data.

Source : tribunnews.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest