Follow Us

Ini 3 Trik Main Gadget Biar Nggak Bikin Badan Sakit

- Jumat, 17 November 2017 | 08:45
Remaja wanita sedang memainkan gadgetnya
Hai Online

Remaja wanita sedang memainkan gadgetnya

HAI-ONLINE.COM – Kamu mungkin udah banyak tahu kalau handphone dan gadget lain yang sering kamu pakai bisa bikin leher, punggung, mata dan bahu kamu sakit. Ada juga yang lebih dari itu, semisal mandul karena sering meletakan smartphone di celana misalnya.

Nah, banyaknya gadget yang bikin badan kamu sakit ternyata lagi jadi sesuatu yang diperhatikan para peneliti dan dokter selama lima tahun belakangan ini.

Jocelyn Szeto, MD, dokter olahraga dari University of Texas Health Science Center di Houston dan Memorial Hermann Ironman Sports Medicine Institute di Texas Medical Center misalnya memerhatikan belakangan ini banyak keluhan soal pasien yang menyalahkan gadget yang mereka gunakan.

Menurut penjelasan Szeto, ada beberapa kegiatan menyenangkan saat menggunakan gadget yang perlu diperbaiki biar nggak menimbuklan masalah kesehatan, untuk itu cobain deh 4 cara yang dianjurin dokter biar gadget nggak bikin badan sakit!

Kurang-Kurangin Selfie

Narsis menuntut banyak orang untuk tengok kiri kanan ngikutin angle terbaik wajah mereka, padahl bisa jadi sudut terbaik buat difoto itu bukan gerakan yang nyaman bagi persendian di leher kepala. Nggak jarang sudut sendi jadi ketekuk karena nggak dalam posisi yang ergonomis bahkan selama 10 sampai 15 detik setiap kali ngambil gambar selfie, kata Dr Szeto.

Bayangin, kalo sehari kamu selfie 4 kali, maka semenit lebih kamu bikin sendi nggak nyaman. Kalo selfie sampai puluhan kali bisa satu jam dari hidup kamu dihabiskan cuma untuk selfie.

Keseringan selfie juga bakal bikin luka kecil di otot tangan yang berhubungan dengan sendi siku dan menyebabkan peradangan. Terus gimana cara mengatasinya? Mulai sekarang, kurangi sikap narsis, kasih waktu otot kamu buat istirahat. Atau pakai cara lama, yaitu minta teman kamu ngambilin foto kamu!

Pause Main Game

Papan ketik qwerty atau layar sentuh di tablet ternyata bikin kita aktif menggerakkan dan meregangkan ibu jari, terutama saat bermain game. Olaharaga jempol ini ternyata bisa menyebabkan peradangan pada tendon di ibu jari kamu. Dr. Szeto mencatat, bahwa ini juga bisa berpengaruh negatif pada tendon jari telunjuk.

Cara mengatasinya: Pause dulu deh main game-nya, istirahat setiap beberapa menit pas kamu sedang aktif-aktifnya main ponsel atau tablet untuk menghindari penggunaaan ibu jari bengkak secara berlebihan.

Tegakkin Kepala Saat Ngetik

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest