Follow Us

Nggak Usah Sedih, Begini Trik Buat Fresh Graduate Bisa Beli Mobil Idaman

- Rabu, 15 November 2017 | 12:30
Mobil anti peluru
Hai Online

Mobil anti peluru

HAI-ONLINE.COM – Menjadi freshgraduate alias lulusan baru dan mendapatkan pekerjaan pertama tentunya membawa banyak kebahagiaan bagi kita. Pasti, segudang impian yang udah diimpikan sejak jaman kuliah beterbangan di kepala, mulai dari ingin memiliki rumah, ingin memiliki kendaraan baru, ingin ngelamar cewek idaman sampai yang pasti pengen membahagiakan orang tua.

Namun masalahnya, terkadang gaji yang didapat sebagai fresh graduate nggak begitu menggembirakan. Dari penghasilan itupun yang didapat nggak begitu besar karena memang nggak memiliki pengalaman yang mumpuni dalam bekerja di suatu perusahaan.

Tapi kalo melihat tren yang ada sekarang ini, mobil maupun motor sebagai kendaraan pribadi masih jadi salah satu penanda keberhasilan kita dalam berkarier. Terungkap melalui survei Nielsen pada tahun 2014 lalu, 54 persen responden masih menyimbolkan mobil sebagai lambang kesuksesan seseorang. Maka dari itu banyak para fresh graduate yang juga memimpikan untuk memiliki mobil atau motor untuk menunjukkan kerja kerasnya selama ini.

Penghasilan yang nggak seberapa bukan menjadi halangan untuk kita memiliki mobil, loh. Jika mobil baru dirasa terlalu mahal dan tak masuk akal bagi kantong, kita bisa memilih mobil bekas sebagai alternatif kendaraan. Karena ternyata metode pembayarannya pun nggak melulu harus secara tunai, kamu bisa membelinya secara kredit.

Simulasi Kredit Mobil Bekas

Biasanya freshgraduate yang baru bekerja memiliki penghasilan nggak jauh dari upah minimum regional (UMR) sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Untuk kamu pahami, biasanya agar kehidupan finansialmu tetap berjalan lancar dan lembaga pembiayaan kredit kendaraan bermotor mau memfasilitasimu biaya untuk membeli mobil, angsuran setiap bulan yang harus kamu bayarkan nggak boleh lebih dari 30% total penghasilanmu setiap bulannya. Jika dengan penghasilan seperti yang disebutkan di atas, maka total angsuran yang harus kamu bayarkan tiap bulannya tak boleh melebihi angka Rp 900 ribu atau Rp 1,5 juta per bulannya.

Eits, jangan senang dulu. Sebab kita masih harus memikirkan uang muka pembayaran untuk mobil yang akan kamu beli secara kredit. Tapi nggak perlu terlalu khawatir sebab kita hanya perlu menabung untuk beberapa periode waktu saja. Bahkan kurang dari setahun pun kamu sudah dapat membawa pulang mobil idamanmu.

Untuk uang muka pembayaran kredit mobil bekas, berdasarkan aturan dari Bank Indonesia mengenai loan to value (LTV) atau financing to value (FTV), angka minimum uang muka pembelian kendaraan bermotor adalah sebesar 25 persen dari total harga jual kendaraan yang ingin kamu beli. Misalnya mobil bekas yang ingin kamu beli harga jualnya adalah sebesar Rp 80 juta. Maka, dari angka tersebut uang muka yang harus kamu persiapkan untuk dibayarkan terlebih dahulu adalah sebesar Rp 20 juta dan sisanya Rp 60 juta adalah pokok utang yang kamu miliki yang harus kamu lunasi dalam tenor atau jangka waktu sesuai yang kamu pilih. Kita tinggal hitung berapakah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, apakah kurang atau melebihi dari 30 persen gaji kita? Jangan lupa untuk menambahkan bunga yang dibebankan oleh lembaga pembiayaan kredit. Bunga yang dibebankan biasanya berbeda-beda tergantung lembaga pembiayaan tersebut, kamu tinggal pintar-pintar memilih manakah yang bisa memberikanmu bunga yang lebih rendah.

Dengan asumsi tersebut di atas, uang muka bisa kita kumpulkan kurang dari dua tahun apabila kemampuan cicilan atau tabungan per bulannya sebesari Rp 900 ribu hingga Rp 1,5 juta. Itupun kalau kita nggak memiliki utang lain yang harus dibayarkan.

Nah, kalo masih bingung di mana kita bisa mencari mobil bekas yang berkualitas? Banyak tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli mobil bekas idaman. Sekarang udah banyak situs-situs pembelian mobil bekas yang memiliki ratusan pilihan mobil bekas berkualitas dengan kisaran harga sesuai yang kamu inginkan. Selain itu, kita juga bisa mencoba mencarinya dari penjual tangan pertama yang menjual mobilnya karena sangat membutuhkan uang.

Alternatif lainnya kita bisa menelusuri showroom yang memajang mobil-mobil bekas dengan kualitas yang masih bagus untuk kamu bawa pulang. Setelah itu, kamu tinggal mencari dan memilih leasing berkualitas yang akan memberikanmu fasilitas kredit mobil bekas dengan bunga rendah dan banyak manfaat seperti aksesoris mobil lainnya juga asuransi mobil agar kenyamanan dan keamananmu dalam berkendara tetap terjaga dengan baik.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest