Follow Us

Cara Paling Ampuh Mendukung Sebuah Band Adalah dengan Membeli Merchandise-nya, Ini Buktinya

Fadli Adzani - Senin, 13 November 2017 | 02:45
Merchandise band
Fadli Adzani

Merchandise band

Kalau kamu datang ke gigs atau konser dari band, dapat dipastikan ada sebuah stand yang menjual baju-baju merchandise resmi dari band-band yang manggung di acara tersebut.

Sederhana, tujuannya adalah menjual baju-baju merch band resminya dan hasil penjualannya dapat membantu proses pengembangan band tersebut.

Hal itu ditegaskan sama Jason Newsted, mantan bassist Metallica, yang menyatakan bahwa cara paling ampuh dalam mendukung sebuah band itu adalah membeli baju band resminya!

Ketika dia masih menjadi anggota Metallica, ia menjelaskan bahwa segala kekayaan dan harta yang dimiliki para personel Metallica saat itu didapatkan dari hasil penjualan baju band dan merchandise lainnya.

Tips merawat kaos band
"Semua hal yang kita dapatkan seperti mobil, rumah untuk keluarga kami dan makanan untuk ibu-ibu kami, semua itu didapatkan dari hasil penjualan baju dan merchandise lainnya," tulisnya, dikutip Ultimate-Guitar.com.

Ia juga curhat bahwa industri musik di zamannya sangat amat membantu musisi untuk berkembang, baik dari segi materi maupun finansial.

Ia menjelaskan, di zamannya bermusik, semua orang yang ingin menikmati musiknya harus membeli rilisan fisiknya dan datang ke konser.

"Sampai semuanya dihancurkan sama hal yang namanya "download"," katanya.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest