Follow Us

Perhatikan Hal Berikut Ini Biar Nggak Jadi Mahasiswa Abadi di Kampus

- Sabtu, 11 November 2017 | 06:30
Datang ke wisuda teman
Hai Online

Datang ke wisuda teman

HAI-ONLINE.COM – Skripsi emang jadi momok tersendiri bagi mahasiswa. Biar nggak keteteran pas waktunya nanti, siapin perbekalan sejak awal kuliah.

Skripsi itu nyebelin? Belum tentu, soalnya kalo kita tau cara mengatasinya, skripsi itu bakalan terlihat menyenangkan, kok. Salah satunya adalah kita kudu persiapkan skripsi sejak awal kuliah.

Tau nggak, penyebab skripsi ga jalan-jalan itu lantaran kita kurang referensi. Jadi, saat waktunya skripsi itu dikerjakan, referensi yang jadi penunjang itu belum terkumpul. Akibatnya tercecer, dan waktu pembuatannya jadi molor alias jadi mahasiswa abadi. Duh!

"Nah, kalau mahasiswanya mau cepat, sebenarnya dari awal di udah nyicil, tuh, semester pertama dapat buku dua, semester berikutnya nambah lagi bukunya, sehingga ketika dia menghadapi skripsi, referensinya udah cukup," kata Halomoan Harahap, selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul.

Beliau menambahkan, caranya itu mahasiswa kudu konsultasi dengan pembimbing akademiknya di kampus. Karena dari konsultasi, pembimbing akademik bisa tau apa yang diinginkan dan apa nilai lebih yang dipunya oleh mahasiswa bimbingannya. Karena udah paham, dosen pembimbing bisa mengarahkan mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi dengan cepat.

"Karena, skripsi itu kan bagaimana melatih mahasiswa untuk meneliti. Jadi kalau prosedurnya sudah betul, menemukan masalahnya, ada teori ilmiah dan instrumennya, ada data dan hasil. Sederhana kan sebenarnya?"

Nah, berhubung sekarang masih jadi mahasiswa baru, persiapin deh skripsinya supaya nggak jadi mahasiswa abadi.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest