Follow Us

Jangan Ejek Teman Yang Suka Melamun, Itu Adalah Tanda Bahwa Dia Berotak Cerdas

Rizki Ramadan - Sabtu, 06 Januari 2018 | 03:45
Melamun di Kelas
Rizki Ramadan

Melamun di Kelas

HAI-online - com - Banyak yang ngira kalau bengong alias melamun itu adalah aktivitas pasif buang-buang waktu.

Padahal, menurut penelitian dari The Georgia Institute of Technologi, pikiran yang suka ‘terbang’ secara teratur adalah tanda bahwa otak kita sedang bosan untuk melakukan hal-hal yang teratur.

"Orang dengan otak yang efisien mungkin memiliki terlalu banyak kapasitas otak sehingga pikiran mengembara kemana-mana," papar Eric Schumer, seorang Profesor dari Georgia Institute of Technologi dikutip Kompas.com

Fakta ini terbukti setelah dilakukan tes magnetik resonance imaging ke 100 peserta

BACA JUGA: Pesan Untuk Cowok Playboy Seindonesia: Jadilah Gentleman, Bro!

Peneliti meminta responden untuk fokus ke sesuatu yang membosankan. Seperti yang diduga, mereka malah melamum walaupun mata mereka terkunci pada suatu tempat.

Para peserta juga diminta untuk mengikuti tes kecerdasan dan kreativitas serta tes tentang seberapa sering mereka melamun.

Hasilnya, ternyata ada, lho, hubungan kuat antara mereka yang melamun dan kemampuan intelektual yang lebih tinggi, hal ini juga mengacu pada hubungan orang-orang yang berpikiran kuat dan kebiasaan melamun.

Peneliti yakin bahwa seseorang yang lebih cerdas memiliki otak yang lebih efisien, dan menyiskan lebih banyak energi untuk memikirkan hal-hal random.

"Orang cenderung mangangap bahwa pikiran yang berkelana adalah hal buruk. Anda mencoba fokus pada satu hal tetapi gagal," kata Schumacher.

Namun, peneliti juga mengungkap bahwa hasil penelitian ini nggak selamanya konsisten. Pasalnya, ada juga orang yang jarang melaumn tapi memiliki otak yang lebih efisien.

So, pastikan lamunanmu itu adalah lamunan positif, deh, bro. Bukan ngelajo alias ngelamun jorok.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest