Follow Us

Pengen Naik Gunung? Ini 5 Gunung yang Cocok untuk Pemula

Fadli Adzani - Selasa, 17 Oktober 2017 | 04:30
Gunung Papandayan
Fadli Adzani

Gunung Papandayan

Bagi lo yang ingin naik gunung dalam waktu dekat, rasanya perlu tahu nih gunung-gunung apa yang cocok buat pemula. HAI udah rangkum gunung mana saja yang bisa lo jajal saat menjadi pengalaman pertama naik gunung.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Terletak di Jawa Barat, gunung ini memiliki pesonanya tersendiri dengan ketinggian 2265 mdpl. Gunung ini termasuk ringan dengan kemegahan kawah serta eksotisnya hutan mati. Selain itu, lo juga bisa melihat hamparan padang edelweis. Tapi, jangan dipetik ya!

2. Gunung Penanggungan

Penanggungan: Surabaya Tribunnews
Memiliki ketinggian 1653 mdpl, gunung di Mojokerto ini nggak segampang yang lo kira loh. Butuh waktu sekitar 4 jam untuk sampai puncak. Treknya cukup terjal dengan tanjakan ada yang sampai kemiringan 65 derajat. Lo bisa lewat tiga jalur, yaitu desa Tamiajeng, Desa Jolotundo, dan Desa Ngoro.

3. Gunung Andong

Andong: Kompas.com/Nazar Nurdin
Hanya dengan waktu dua jam lo bisa sampai puncak nih. Tinggi gunung ini 1762 mdpl dan terletak di Jawa Tengah. Saat sampai puncak, jangan heran ya dengan pemandangannya yang idah. Lo akan lihat Gunung Sindoro, Sumbing, Merpapi, Merbabu, dan Ungaran dari puncak gunung Andong ini.

4. Gunung Prau

Prau: Kompas.com/ Nazar Nurdin
Berlokasi di Wonosobo, Jawa Tengah jangan sampai ketinggalan melihat golden sunrise dari puncak. Jalurnya bersahabat dengan trek yang pendek cocok buat lo yang pertama kali naik gunung. Pintar-pintar pilih waktu juga ya, karena gunung ini ramai dikunjungi wisatawan dan harus cepat-cepat pilih lokasi camp.

5. Gunung Ungaran

Ungaran: Kompas.com/Wahyu Adityp Prodjo
Beralih ke gunung yang lebih tinggi, kali ini ada Gunung Ungaran yang terletak di Jawa Tengah. Ketinggiannya 2050 mdpl, tapi banyak orang berpendapat seperti mendaki gunung dengan ketinggian 3000 mdpl. Gunung ini cocok lo jajal untuk naik ke tahapan gunung yang lebih menantang nantinya.

Merasa tertantang untuk menaklukan gunung-gunung itu? Pastikan juga kondisi fisik dan cuaca ya sebelum naik gunung. Tentunya juga jaga keselamatan.

(Dewi Rachmanita Syiam)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest