Follow Us

Nggak Perlu Ribet, Begini Cara Ambil Antrean Paspor Lewat WhatsApp

- Jumat, 13 Oktober 2017 | 05:45
Paspor Hijau
Hai Online

Paspor Hijau

HAI-ONLINE.COM – Buat kita yang mau bikin paspor, pasti nggak sedikit yang males ngantri. Wajar, saat mau bikin, kita harus ngantri dari pagi bair dapat nomor antrean. Namun, sekarang semua udah dipermudah. Soalnya, begini cara ambil antrean paspor lewat WhatsApp.

Jadi, dilansir dari Kompas, kantor Imigrasi Jakarta Pusat membuka layanan antrean pembuatan paspor menggunakan WhatsApp. Pelayanan ini ditujukan untuk mempercepat proses pelayanan di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.

Lewat aplikasi ini, masyarakat bisa mendapat kepastian tanggal dan waktu pelayanan. Selain itu, cara ini dinilai juga bisa mengurangi calo.

“Juga mengurangi potensi praktik penyalahgunaan system oleh oknum tertentu,” ujar Tato Juliadin Hidayawan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat.

Bagaimana cara menggunakannya? Gampang banget. Warga yang pengen mendaftar antrean mengirim sejumlah data seperti nama disertai tanda tagar (#), tanggal lahir dengan format ddmmyyyy (dd:tanggal, mm:bulan, yyyy:tahun), dan tanggal antrean.

Kirim ke nomor WhatsApp Kantor Imigrasi 081299004406. Misalnya, #Ahmad#20111967#20072017

Simak juga: Jangan Sampai Ketipu, Ini Dia Cara Bedain Converse Asli dan KW!

Abis itu, kita tunggu balasan dari nomor tersebut untuk meminta konfirmasi nomor WhatsApp pemesan, nama, tanggal lahir, dan tanggal layanan.

Contohnya: Nomor WA: 0812xxx Nama: AHMAD Tgl Lahir: 20-11-1967 Tgl layanan: 18-07-2017

Setelah yakin dengan data yang hendak dikirim, segera balas pesan tersebut dengan mengirim kode persetujuan 00002681.

Akan ada balasan bahwa permintaan layanan telah dikonfirmasi. Balasan tersebut berisi nama, kode booking antrean, serta tanggal dan jam mendapatkan pelayanan. Pembatalan bisa dilakukan dengan mengetik #batal.

Oh ya, kita juga harus datang 30 menit sebelum jam yang sudah ditentukan. Kalau nggak datang sesuai jadwal, maka kita harus melakukan booking antrean ulang.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul artikel Begini Cara Ambil Antrean Paspor Lewat WhatsApp.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest