Follow Us

3 Alasan Ilmiah Kenapa Remaja yang Belum Cukup Umur Dilarang Bawa Kendaraan

Alvin Bahar - Kamis, 31 Agustus 2017 | 06:16
Di kota ini, ada aturan kalo pelajar bawa motor ke sekolah!
Alvin Bahar

Di kota ini, ada aturan kalo pelajar bawa motor ke sekolah!

Meski udah jago bawa kendaraan, remaja seperti kita masih belum boleh mengendarai motor. Bukan sekedar takut kecelakaan atau gimana ya, soalnya ada alasan ilmiah nih kenapa remaja yang belum cukup umur dilarang bawa kendaraan. Cek ya....

1. Sebagian Otak Remaja Belum Matang

Ilustrasi
Masa remaja adalah masa pertumbuhan. Disebut masa pertumbuhan karena banyak bagian penting dari tubuhnya sedang berkembang, alias belum matang. Misalnya, otak. Ada bagian otak tertentu yang matang lebih dulu, sementara yang lainnya belakangan.

2. Amigdala, si Gudang Emosi, Matang Duluan

Modifikasi motor
Ada bagian otak yang mengatur perilaku kita, yakni amigdala dan lobus frontal. Amigdala adalah gudang penyimpan emosi. Rasa marah, senang, sedih, semangat, dan suka tantangan letaknya di sini. Amigdala membuat kita punya keinginan untuk menang, nggak mau disaingi, bahkan bersikap nekat.

Sedangkan lobus frontal adalah otak bagian depan. Ia bertugas sebagai hakim yang memutuskan apakah sesuatu itu baik atau tidak. Dia bertugas menilai ide amigdala. Misalnya, ketika amigdala punya ide ngebut sambil zig-zag, lobus frontal buru-buru mengingatkan bahwa itu berbahaya. Lobus frontal juga mirip polisi yang selalu mengingatkan amigdala agar tidak bertingkah berlebihan.

Sayangnya, pada masa remaja, amigdala berkembang lebih dulu daripada lobus frontal.

Itulah kenapa, remaja biasanya suka buru-buru jika memilih sesuatu. Asal suka, langsung ambil!

Padahal, belum tentu yang disukai itu baik. Hal itulah yang membuat remaja dikatakan belum dewasa. Sebab, bagian otaknya yang bijaksana (lobus frontal) belum matang benar.

3. Seperti Motor Tanpa Rem

Pengendara Motor Harus 17 Tahun
Ibarat mesin motor, amigdala adalah bensin. Ia membuat mesin jadi punya tenaga untuk bergerak. Sedangkan lobus frontal adalah remnya. Karena lobus frontal remaja belum sempurna, dia jadi seperti motor tanpa rem. Bayangkan, bahaya sekali, kan, naik motor tanpa rem?

Seperti itulah yang akan terjadi, jika remaja naik motor. Kalau mereka sudah ingin ngebut atau zig -zag di jalanan, tak ada yang bisa mencegahnya. Pikirannya dikuasai amigdala yang memanjakan emosi. Jadinya malah seperti disoraki suporter. Hehehe. Makanya, hati-hati ya!

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo dengan judul "Belum Cukup Umur? Jangan Naik Motor!"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest