Follow Us

Ternyata Ini Makna Sebenarnya dari Bendera Terbalik

Alvin Bahar - Selasa, 22 Agustus 2017 | 03:16
Bendera Indonesia terbalik
Alvin Bahar

Bendera Indonesia terbalik

Bendera Indonesia tercetak terbalik di buku panduan yang dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8).

Di halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah.

"Saya kira ini sangat teledor dan ceroboh sekali. Hal ini mencederai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang," kata Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Imam Nahrawi, seperti dilansir Antaranews.

Pemerintah Malaysia akhirnya mengucapkan permintaan maaf secara langsung kepada rakyat Indonesia di hadapan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi atas insiden tersebut.

Permintaan maaf itu disampaikan melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Khairy Jamaluddin, seusai melakukan pertemuan dengan Menpora di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Minggu (20/8).

"Saya baru tadi mengadakan pertemuan dengan Pak Imam (Menpora) berkenaan dengan kesalahan yang dibuat tuan rumah (Malaysia) dalam percetakan buku cendera mata yang diedarkan ke tamu kehormatan semalam," ujar Khairy dilansir dari Kemenpora.go.id.

Hacker Indonesia Geram, Lebih Dari 70 Situs Malaysia Dihack! https://t.co/kv02MadLmI pic.twitter.com/vHDxDohjaU

— HAI (@HaiMagazine) August 21, 2017

"Ini suatu kesalahan yang besar dan saya sebagai pihak tuan rumah telah memohon maaf kepada Pak Imam selaku Menpora dan memohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Anyway, sebenarnya apa sih makna bendera terbalik?

Beberapa negara punya makna masing-masing soal bendera yang terpasang terbalik. Namun biasanya makna bendera terbalik menunjukkan tanda-tanda buruk seperti halnya kesulitan yang merajalela dan tanda bahaya.

Kongres Amerika Serikat menetapkan aturan, setiap bendera harus dipasang dengan cara yang tepat. Pada umumnya, hanya militer yang memahami arti bendera terbalik.

Nggak jarang juga bendera terbalik dinyatakan sebagai bentuk protes.

Beberapa negara menggunakan bendera terbalik sebagai bendera perang.

Seperti angkatan bersenjata Filipina yang selama masa perang memasang bendera terbalik. Bendera Bulgaria juga terbalik selama masa perang. Ini juga dianggap bendera perang, meskipun terminologi hanya berlaku untuk penggunaan militer bendera itu.

Source : Hai Online

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest