Follow Us

Siapa Sangka, Bendera Pusaka Indonesia Ternyata Dibuat Dari Tenda Warung Soto! Ini Cerita Lengkapnya

Alvin Bahar - Senin, 21 Agustus 2017 | 04:09
Bendera pusaka menyimpan banyak kisah unik.
Alvin Bahar

Bendera pusaka menyimpan banyak kisah unik.

Setiap bulan Agustus, ada pemandangan khas di Indonesia. Hampir setiap rumah mengibarkan bendera merah putih, dalam berbagai ukuran.

Dari sejarah, orang pun tau kalo Sang Saka Merah Putih yang berkibar untuk pertama kalinya 72 tahun lalu itu dijahit sendiri oleh Ibu Negara pertama RI Ny. Fatmawati.

Tapi siapa sangka, kain merah bendera pusaka tersebut, ternyata bekas kain tenda sebuah warung kaki lima lho!

Seorang pelaku sejarah, Brigjen TNI (Purn) Lukas Kustaryo menuturkan bagaimana lika-likunya saat ia berupaya mencari kain merah untuk bendera pusaka.

Bendera merah putih.
Konon, ide ini pun muncul secara tiba-tiba. Kala itu dari kancah romusha di Bayah, Banten Selatan, Shodanco Lukas diberi tugas secara inkognito membawa surat pribadi Tan Malaka untuk Bung Karno di Jakarta.

Sesampainya di Jl. Pegangsaan Timur no. 56, Kustaryo melihat Ny. Fatmawati menjahit bendera merah putih.

Saat itu bulan Agustus 1945, para tokoh pergerakan memang sudah terlihat sibuk mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Apalagi di kediaman Bung Karno terlihat kesibukan yang nggak seperti biasanya.

Perundingan para pahlawan bangsa menentukan kemerdekaan RI
"Tapi saya lihat benderanya terlalu kecil, kira-kira hanya berukuran panjang setengah meter. Dalam hati saya berkata, kayaknya nggak pantas. Untuk proklamasi kok benderanya tak begitu bagus," begitu ujar Kustaryo.

Karena nggak tega melihat bendera kecil itulah, atas inisiatif sendiri laskar Peta Pacitan ini beniat mencari kcrin yang lebih besar untuk bendera.

"Kalau tak salah Bu Fat sudah mempunyai kain seprai putih yang cukup panjang," tambahnya.

Tanpa tahu harus menuju ke mana untuk mencari kain merah, pemuda kelahiran Madiun, 20 Oktober 1920, ini lantas berjalan menyusuri rel KA dari Pegangsaan sampai Pasar Manggarai.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest