Follow Us

Penelitian Membuktikan, Cowok Ternyata Lebih Emosional Daripada Cewek

Rizki Ramadan - Selasa, 08 Agustus 2017 | 02:59
ilustrasi seorang cowok marah.
Rizki Ramadan

ilustrasi seorang cowok marah.

Kalau lagi ngomongin siapa yang palin emosional, pasti cowok-cowok langsung menuding para cewek. Apalagi kalau mengingat masa PMS mereka. Pun, stereotip gender bilang bahwa wanita emang lebih mengandalkan emosinya sementara pria lebih mengedepankan logika.

Hmm, tapi, menurut penelitian biologi, yang terjadi justru sebaliknya, tuh. Cowok lebih emosional. Pantes aja, band emo banyakan cowok.

Para ilmuwan menemukan bahwa cowok memiliki bagian otak yang berfungsi khusus untuk merespon emosi lebih besar dari cewek. Dan bagian untuk pemikiran logis yang lebih kecil dari cewek.

Bagian otak yang dimaksud itu bernama amygdala yang berfungsi memproses emosi rasa takut, memicu marah, dan mendorong kita untuk melakukan suatu tindakan. Bagian ini akan memberi peringantan kalau-kalau ada bahaya dan kirim sinyal untuk melakukan "perlawanan"

Bagi cowok, bagian amygdala ini sangat dibutuhkan. Kekuatan emosi mereka bisa menimbulkan kemarahan yang besar. Dan kalau mengingat bahwa cowok itu punya naluri untuk berkompetisi serta berburu, maka kemarahan itu membantu mereka untuk memenangkan apa yang mereka capai.

Sementara di Cewek, hormon yang mendomoinasi adalah esterogen. Hormon ini mendorong cewek untuk selalu berada di kelompok agar aman. Karena itu, kalau lagi stres, cewek cenderung merasa aman kalau terhubung dengan orang lain.

Lantas, karena testosteronnya yang lebih sedikit, cewek jadi lebih mampu mencari solusi sebuah konflik. Cewek lebih mudah berkompromi dan memenuhi kebutuhan orang lain, bahkan siap berkorban.

Sementara testosteron yang banyak di cowok membuat kita lebih nyaman sendiri. Itulah mengapa cowok kurang tertarik dengan obrolan dalam kelompok, kecuali untuk kompetisi.

Cowok juga lebih gampang stres jika kebebasan dan otoritasnya terganggu. Tingginya testosteron di otak bikin kita lebih gampang tersulut emosi dan mudah berkonflik. Cowok nggak mencari hubungan sosial seperti halnya wanita.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest