Follow Us

Jangan Ketipu, Meski Keliatan Imut, Ternyata Panda Bisa Mematikan!

- Rabu, 19 Juli 2017 | 08:05
Panda
Hai Online

Panda

Apa yang ada di pikiran lo kalau pertama kali liat panda? Imut dan menggemaskan, kan? Ya, nggak salah, sih.

Soalnya, hewan asal China ini emang punya muka bundar dan gerakan yang lamban. Selain itu, mereka juga sering banget ketangkap kamera lagi males-malesan atau manja ke pengasuhnya.

Tapi, guys, lo sama sekali nggak boleh meremehkan panda. Soalnya, mereka termasuk beruang yang bisa dengan mudah membunuh manusia kalau merasa terganggu. Kok bisa?

Jadi gini, seperti yang dilansir dari Kompas, ternyata panda punya enam jari yang dilengkapi dengan enam kuku tajam dan besar. Kebayang kalau lo kena cakar sama panda?

Nggak cuma itu. Hewan yang jadi logo WWF (bukan smackdown) ini punya otot tambahan di sekitar rahang yang berguna buat ngebantu mengunyah bambu. Nah, dengan rahang ini jugalah panda bisa dibilang punya gigitan terkuat di antara semua mamalia karnivora.

Yap, lo nggak salah baca, panda masih masuk karnivora, guys. Mereka punya sistem pencernaan dan gen spesifik karnivora sehingga cuma bisa mendapatkan sedikit energy dan protein dari bambu.

Panda
Buktinya, panda yang hidup secara liar sering ditemukan membunuh dan makan mamalia yang lebih kecil kayak pika. Selain itu, pernah ada beberapa laporan yang menyebutkan bahwa panda membobol kandang hewan ternak buat memakan kambing dan domba.

Tapi untungnya, panda nggak terlalu agresif sama manusia, kok. Diet vegetarian dan metabolisme yang lambat membuat panda harus hidup bermalas-malasan.

Meski begitu, ada beberapa kejadian di mana ibu panda melukai pekerja di tempat konservasi alam di China.

Salah satunya terjadi pada tahun 2016. Seorang pekerja yang menggunakan kostum panda untuk melatih hewan tersebut digigit. Akibatnya, sebagian dari tangannya putus dan tulang di kedua tangannya patah. Duh!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest