Follow Us

Di 5 Kampus Ini Ada Kelas Yang Bahas Pop Culture Secara Serius. Ada Kelas “The Simpsons and Philosophy”!

Rizki Ramadan - Selasa, 18 Juli 2017 | 13:15
Melihat The Simpsons dari kaca mata filsafat
Rizki Ramadan

Melihat The Simpsons dari kaca mata filsafat

Apakah kamu suka banget nonton film, geek dengan musik, dan ngamatin banget dinamika industri hiburan? Lo bisa tuh menaikkan level minatlo ke tahap yang lebih tinggi lagi. Caranya, dengan mempelajari cultural studies. Film, musik dan ranah pop lainnya adalah produk budaya. Kehadirannya ada karena budaya, dan memengaruhi budaya yang ada juga. Kerennya, di beberapa kampus ada, lho yang membuka kelas (course) yang secara spesifik membahas pop culture dan mengaitkannya ke tema-tema sosial yang serius.

1. The Simpsons and Philosophy

Lokasi: University of California, Berkeley, USA.

Kelas ini mengkaji serial kartun The Simpsons dari perspektif berbagai filsuf dunia seperti Nietzche, Karl Marx, Immanuel Kant dan Plato. Kelas ini disebut-sebut sebagai kelas yang “fun, but intellectually challenging.” Sayangnya, kelas ini udah lewat, bro.

2. ‘The Sociology of Miley Cyrus: Race, Class, Gender and Media

Lokasi: SKIDMORE COLLEGE, USA

Seperti judulnya, kelas ini membahas identitas, industri hiburan, media dan populartias dengan menggunakan Miley Cyrus sebagai fokusnya. Kelas ini juga mengangkat tema tentnag kritik feminis terkait masalah Miley. Kelas ini berlangsung pada 2014 lalu.

3. Beyoncé Feminism, Rihanna Womanism

Lokasi: UNIVERSITY OF TEXAS AT AUSTIN, USA

Teks tentang feminisme masyarakat kulit gelap akan menjadi panduan utama kelas ini. Murid akan diajari dengan metodologi studi media untuk mengkaji politik gender di antara penyanyi kulit hitam kayak Beyonce’ dan Rihanna dengan Amerika Serikat

4. Harry Potter and The Age of Illusion

Lokasi: DURHAM UNIVERSITY, UK

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest