Follow Us

Serangan Virus ke Mac Terbukti Jauh Lebih Sedikit Dibanding Windows. Ini Alasannya.

Rizki Ramadan - Sabtu, 07 April 2018 | 12:15
komputer mac lebih aman?
Rizki Ramadan

komputer mac lebih aman?

HAI-online.com - Kamu yang pengguna OS Macintosh boleh berbangga hati soal pertahanan sistem. Pasalnya, Mac terbukti mengalami paling sedikti serangan virus dibanding sistem operasi popular saingannya, Windows.

Hal ini diungkap oleh CEO Kaspersky, Euegene Kaspersky di konferensi "Palaeontology of Cybersecurity" di Suntec City, Singapura, Kamis (6/7/2017).

Menurut data per Mei 1027 milik Kaspersky Lab, hingga saat ini hanya ditemukan 53.000 ancaman ke Macintosh. Sementara serangan virus atau malmare untuk Microsoft Windows ada 474 juta jumlahnya.

Apa sebabnya?

Menurut Kaspersky, hal ini bisa terjadi karena jumlah pembuat software untuk Mac masih sedikit banget, sob. Semakin sedikit jumlah software, semakin sedikit pula jumlah orang jahat yang bikin serangan siber untuk Mac.

"Ada banyak yang menggarap aplikasi untuk Microsoft Windows dan Android Google, tetapi tidak untuk Mac. Ini sebenarnya bagus untuk pengguna Mac," canda Kaspersky di hadapan media dari Asia, termasuk jurnalis KompasTekno, Deliusno.

Padahal, menurut Kaspersky, OS Macintosh tuh banyak loh celah untuk susupi program atau virus jahat.

“Celah keamanan di Mac sebenarnya lebih banyak dari Windows, tetapi nggak ada yang bikin (malware) saja di Mac,” lanjut Kaspersky.

Walau pun begitu, serangan jahat di dunia siber sekarang ini tetap banyak dan perlu diwaspadai, bro. Kalau dibandingin, nih, di tahun 1986 tuh cuma ada 1 juta serangan malware. Sementara setelah 2016, dalam satu hari saja bisa ditemukan 310.000 serangan tiap harinya.

"Jumlah serangan meningkat sangat cepat," tutur Kaspersky.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular