Follow Us

Dari A sampai O, Ini Perkembangan Android dari Masa Ke Masa.

Rizki Ramadan - Rabu, 21 Juni 2017 | 09:13
Android dari masa ke masa
Rizki Ramadan

Android dari masa ke masa

Hari gini, pasti udah nggak asing lagi sama salah satu operating sytem terbesar di dunia, Android. Operating system besutan perusahaan raksasa Google ini ternyata udah 9 tahun, loh. Dimulai dari Android 1.1 sampai 7.0 yang akan rilis beberapa bulan lagi Google selalu berhasil mengembangkan OS-nya menjadi semakin lebih baik dan semakin bermanfaat bagi produktivitas para pemaikainya.

Android sendiri terlahir 1 tahun setelah lahirnya cikal bakal smartphone yaitu iPhone dengan iOS 1 lebih tepatnya tahun 2008. Sejak saat itu kedua perusahaan raksasa teknologi itu menjadi rival dan selalu berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi termutakhir untuk gadget.

Terlepas dari kedua perusahaan raksasa di atas, semakin majunya teknologi dan mengalirnya waktu, muncul beberapa modivikasi dari Android itu sendiri. Ibaratkan Android adalah seorang manusia tanpa baju dan para produsen smartphone saat ini adalah toko busana. Jadi, Setiap Android pada setiap smartphone yang memiliki merk berbeda punya tampilan yang berbeda juga, karena pada dasarnya Android ada OS yang terbuka dan bisa digunakan di smartphone mana saja. Berbeda dengan iOS yang diciptakan hanya untuk produk Apple.

Dan yang unik lagi, Android selalu punya sebutan yang lucu-lucu dan bikin ngiler, lho. Sejak Android menginjak versi ketiga, OS besutan Google itu mulai menggunakan nama-nama dari makanan manis seperti kue, cokelat, sampai permen dan mengurutkan versinya sesuai dengan alphabet. Penasaran gak enggak sih apa aja nama-nama Android dari masa ke masa? Tenang, bro, HAI udah siapin nih kronologi nama-nama Android. Yuk, langsung simak!

Android 1.1 Alpha

Android pertama ini lebih dikenal dengan Android Alpha. Dirilis pada 23 September 2008 yang sebenarnya versi awal dari Android ini akan dinamakan Astro, tapi karena ada masalah hak cipta atas nama Astro, jadinya gak dipake deh.

Android 1.5 Bender

Versi kedua dari Android ini dirilis pada 30 Februari 2009. Sama dengan sebelumnya, versi ini punya masalah penamaan karena Bender ternyata sudah ada yang punya dan dipatenkan. Awalnya, versi ini dirilis cuma untuk perangkat T-Mobile G1.

Android 1.6 Cupcake

Dirilis pertama kali pada 15 September 2009 dan pada versi ini ada peningkatan pada sisi pencarian dan UI yang lebih bersahabat dan mendukung teknologi CDMA

Android 2.0 Eclair

Pada tahap ini terjadi penambahan fitur untuk peningkatan Google Maps, perubahan UI ditambah dengan browser baru, daftar kontak baru, dukungan flash untuk kamera 3.2MP dan bluetooth 2.1. Versi ini dirilis pada tanggal 9 Desember 2009

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest