Follow Us

Cerita Dari Mereka Yang Gagal Di SBMPTN Pertama Lalu Berhasil Di Tahun Berikutnya.

Rizki Ramadan - Jumat, 12 Januari 2018 | 06:15
Gagal di SBMPTN pertama sukses di tahun berikutnya
Rizki Ramadan

Gagal di SBMPTN pertama sukses di tahun berikutnya

HAI-online.com - “Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”

Pepatah ini nggak klise, sih, tapi hanya bisa benar jika di antara kegagalan dan keberhasilan yang tertunda itu ada yang namanya usaha.

Siang ini, pemerintah mengumumkan segala halnya tentang SBMPTN 2018, membuat para pelajar jadi panas mesin belajarnya. Ambisinya pun mulai meletup-meletup, apalagi untuk pelajar yang udah lulus, sempat mencoba SBMPTN tahun lalu tapi gagal.

Jika ambisimu untuk kuliah di perguruan tinggi masih ada—entah karena kamu ingin berada di lingkungan kuliah dengan kualitas mahasiswa yang bertaji, dan merasakan segala fasilitas yang cuanggih, entah karena kamu ingin meninggikan diri di hadapan keluarga besar dan calon pacar—maka turutilah. Selama belum ada aturan bahwa kita hanya boleh ikut SBMPTN satu kali, maka cobalah lagi tahun depan.

BACA JUGA: Pendapat Pelajar Yang Milih Nggak Ikut Bimbel. Bikin Termotivasi Untuk Belajar Sendiri!

Nyatanya, banyak, lho teman-teman kita yang baru berhasil masuk di kampus impiannya setelah dua kali mencoba, bahkan sampai ada yang tiga kali gagal dulu baru akhirnya bisa menumpang bis kuning sebagai mahasiswa UI.

Mereka-mereka ini memanfaatkan gap year(s) dengan menggiati lagi soal-soal latihan; dan kerennya ada yang sambil nyoba bekerja. Mari simak ceritanya.

Kerja Dulu, Lalu Ambisius Bimbel Di H-4 Bulan SBMPTN Kedua

Hyoshita, Kedokteran Undip. Lulusan 2016, berhasil di SBMPTN 2017.

Gue adalah lulusan SMAN 3 Tangerang tahun 2016. Di SBMPTN pertama gue milih IPC untuk ngambil jurusan Kedokteran UNS, Kedokteran UIN, dan Akuntansi UNS. Gue gagal saat itu. Gue kecewa, apalagi target gue dulu tuh, sebelum lebaran gue udah bisa dapet PTN, biar bisa jawab pas keluarga nanya “kuliah di mana?”. Saat itu gue ngerasa masa depan gue burem deh.

Tapi setelah itu gue memutuskan nggak langsung kuliah di kampus swasta. Karena gue tuh nggak akan disekolahin sama ortu gue kalau bukan di kampus negeri. Kata oartu gue, “Mumpung kamu masih muda, kelahiran 1999.”

Akhirnya gue kerja, tapi nggak sampe bulan Januari. Terus resign di bulan Februari biar gue bisa ikut bimbel di Ganesha Operation dan gue ngambis banget.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest