Follow Us

Selain Kasus Gangster di Depok, 4 Fenomena Ini Juga Bikin Kita Takut Kalau Mau Keluar Malam

- Selasa, 30 Mei 2017 | 10:21
Fenomena Begal
Hai Online

Fenomena Begal

Belakangan ini, linimasa kita dipenuhi oleh berbagai foto atau bahkan video keberingasan sekumpulan orang yang mengatasnamakan bagian dari gangster, terlepas itu benar atau sekedar hoax.

Dalam foto atau video yang dibagikan secara masif itu, kita melihat banyak kengerian. Mulai dari foto para pelaku yang diamuk setelah ditangkap warga, sampai video yang menggambarkan saat para anggota gangster ini menyerang orang di jalan secara acak. Ngeri!

Akibatnya, kita jadi berpikir dua kali buat keluar malam sendirian, atau bahkan takut buat pergi jauh saat malam hari.

Namun, kengerian yang disebabkan oleh sekumpulan orang yang mengatasnamakan gangster itu bukan satu-satunya alasan kenapa kita jadi takut keluar saat malam hari. Sebelum fenomena gangster menyebar, beberapa fenomena ini sudah lebih dulu ‘meneror’ kita di malam hari. Kira-kira, apa aja ya?

Klitih

Fenomena Klitih
Buat teman-teman kita di Yogyakarta, kata ‘klitih’ jadi momok menakutkan buat mereka. Maklum, fenomena ini sempet bikin sebagian teman-teman kita jadi ogah buat keluar saat malam hari seorang diri.

Gampangnya, klitih ini mirip-mirip kayak fenomena gangster yang kita tahu belum lama ini. Sekelompok orang akan mencari ‘korban’ secara acak dan menyerangnya tanpa ada motif dendam. Di beberapa kejadian, klitih memakan korban meninggal dunia. Duh!

Kolor Ijo

Fenomena Kolor Ijo
Fenomena ini sempat bikin geger kita pada 2004 silam. Karena fenomena ini, hampir sebagian nyokap kita dulu jadi parno dan memasang potongan bamboo kuning dan daun kelor yang diikat satu untuk ditaruh di depan pintu. Katanya, sih, ini jadi penangkal dari aksi perampok dan pemerkoksa para wanita ala Kolor Ijo.

Nah, karena fenomena ini, banyak orang yang enggan keluar rumah pada malam hari lantaran berusaha untuk melindungi keluarganya yang berjenis kelamin perempuan dari serangan kolor ijo.

Begal

Fenomena Begal
Sekitar dua tahun yang lalu, atau pada medio 2015 silam, fenomena ini ramai banget diperbincangkan. Bahkan, di Depok sana, sampai ada satu tim khusus bernama Jaguar, yang ditugaskan untuk memburu para pelaku begal.

Para pelaku begal biasanya bergerak di malam hari untuk merampas motor para korbannya. Yang bikin kita ngeri, kadang para pelaku melakukan kekerasan dan nggak segan untuk membunuh korbannya jika mereka terancam.

Gangster

Fenomena Gangster
Ini, nih, fenomena yang lagi ramai banget diomongin. Berawal dari postingan di Facebook dan Instagram, fenomena ini sukses bikin heboh Indonesia. Pola kejadiannya mirip kayak begal, tapi para pelaku kebanyakan nggak mengambil motor korban. Mereka melakukan kekerasan hanya sebatas syarat masuk ke dalam sebuah komunitas. Duh!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest