Follow Us

Keren Abis, Bakal Ada Balapan di Sirkuit Jalan Raya BSD!

Alvin Bahar - Jumat, 26 Mei 2017 | 03:11
Sirkuit BSD City.
Alvin Bahar

Sirkuit BSD City.

Tau nggak kalo beberapa tahun silam, muncul sirkuit jalanan pertama di Indonesia yang berada di daerah Lippo Karawaci, Tangerang?

Sayang, setelah sukses menggelar banyak agenda, area tersebut nggak lagi aktif. Tapi kini, nuansa seru balap jalan raya kembali bisa dinikmati.

Soalnya, BSD City Grand Prix akan diselenggarakan di track yang nggak biasa digunakan di Indonesia.

Ajang adu balap mobil itu akan dilaksanakan di jalanan kawasan BSD yang biasanya digunakan sebagai jalan umum.

Menurut ‎Head of Corporate Communication Sinar Mas Land, Panji Himawan track yang digunakan dalam BSD City Grand Prix bukan sirkuit permanen.

"BSD City circuit didesain dengan format street circuit‎. Memanfaatkan jalan-jalan di kawasan kota BSD untuk dijadikan lintasan BSD City Grand Prix," kata Panji di kawasan BSD, Tangerang, Selasa (23/5/2017).

Panji menuturkan, panjang lintasan BSD City Grand Prix mencapai 3 kilometer dimana dilengkapi dengan 12 tikungan yang menantang para pembalap.

"Lebar trek lintasan 9,25 meter sampai 10,5 meter. Test drive mulai tanggal 10-17 Agustus 2017," ujarnya.

Kayak gimana sirkuitnya?

Formula E bisa digelar di sirkuit BSD City dan pihak pengembang Sinarmas akan menjajaki kemungkinan menggelar ajang ini di BSD City | FIA Formula E
Adapun lintasan sirkuit didesain dengan format Street Circuit (non-permanent), memanfaatkan jalan-jalan di kawasan BSD City.

Trek ini mengacu putaran searah jarum jam dengan lebar antara 9,25 m -10,5 m. Terdapat 12 tikungan pada street circuit ini, di antaranya dua hairpin corner seperti sirkuit Monaco dan dua chicane corner seperti pada sirkuit Monza, Italia.

Sebelum digunakan lomba, sirkuit ini dapat digunakan untuk kegiatan track day atau test drive mulai 10 – 17 Agustus 2017, bertepatan dengan penyelenggaraan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest